Model prestasi belajar siswa (hubungan sebab akibat faktor minat, motivasi, dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar) / Cindy Asli Pravesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Model prestasi belajar siswa (hubungan sebab akibat faktor minat, motivasi, dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar) / Cindy Asli Pravesti

Pravesti, Cindy Asli (2014) Model prestasi belajar siswa (hubungan sebab akibat faktor minat, motivasi, dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar) / Cindy Asli Pravesti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pravesti Cindy Asli. 2014. Model Prestasi Belajar Siswa (Hubungan Sebab Akibat Faktor Minat Motivasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar). Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Minat Belajar Motivasi Belajar Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Prestasi belajar merupakan hasil capaian siswa dalam proses belajar di sekolah yang dinyatakan dalam wujud rata-rata nilai yang tertera di rapor. Kesuksesan siswa dalam meraih prestasi belajar yang sangat memuaskan merupakan wujud dari ketercapaian tujuan pendidikan. Tentunya hal ini terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adapun faktor tersebut terbagi atas faktor internal dan faktor eksternal. Namun dalam penelitian ini lebih melihat pada faktor internal diantaranya minat motivasi dan kebiasaan belajar. Minat belajar adalah kecenderungan terhadap pemusatan perhatian dalam kegiatan belajar yang diungkap melalui perasaan senang ketertarikan adanya perhatian dan adanya keterlibatan dalam belajar yang diukur dengan skala minat belajar. Motivasi belajar adalah dorongan ingin tahu dorongan ingin sukses dan dorongan ingin bekerja sama dalam melakukan aktivitas belajar guna mencapai tujuan belajar diukur dengan skala motivasi belajar. Kebiasaan belajar adalah kegiatan belajar yang menetap yang dilakukan secara terus menerus secara sadar melalui ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas penggunaan waktu belajar prosedur belajar serta efisiensi dalam belajar guna mencapai tujuan belajar yang diukur dengan skala kebiasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model hubungan sebab akibat antara minat belajar motivasi belajar dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan ialah penelitian korelasional. Populasi penelitian terdiri atas seluruh siswa-siswi kelas XI SMAN di Kota Gresik dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel seluruhnya berjumlah 239 orang. Instrumen yang digunakan berupa skala yang mengukur minat belajar motivasi belajar dan kebiasaan belajar sedangkan untuk mengetahui prestasi belajar siswa menggunakan dokumentasi yang berupa buku rapor siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung minat dan motivasi dengan prestasi belajar sebesar 0 031 atau 3 1% serta terdapat pengaruh secara langsung minat dan motivasi dengan kebiasaan belajar sebesar 0 687 atau 68 7%. Maka model prestasi belajar siswa tersebut telah dibuktikan secara empiris. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi para siswa-siswi untuk terus berupaya meningkatkan prestasi belajarnya dengan memperhatikan minat belajar dan motivasi belajar. Prestasi belajar tidak selalu dilihat dari kebiasaan belajarnya saja. Pada konselor hendaknya lebih menekankan pelayanan yang terkait prestasi belajar dengan meningkatkan minat belajar dan motivasi belajar. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian sejenis dengan populasi yang lebih luas sehingga dapat diperoleh generalisasi yang lebih luas. Selain itu diharapkan dapat memperkuat bukti empiris mengenai model prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56789

Actions (login required)

View Item View Item