Habsy, Bakhrudin All (2014) Keefektivan konseling kelompok kognitif perilaku untuk meningkatkan harga diri siswa SMK / Bakhrudin All Habsy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Habsy Bakhrudin All 2014 Keefektivan Konseling Kelompok Kognitif Perilaku Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa SMK. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata kunci konseling kelompok kognitif perilaku harga diri siswa SMK. Harga diri merupakan kemampuan individu dalam melakukan evaluasi diri yang bermuara pada keyakinan dan pola pikir yang menimbulkan perasaan berharga dan layak untuk dihargai sebagai individu. Ketika individu memahami dirinya seperti apa yang mereka idealkan maka individu memiliki harga diri tinggi namun sebaliknya ketika apa yang mereka miliki atas dirinya tidak sesuai dengan pandangan ideal mereka akan memiliki harga diri rendah. Harga diri memungkinkan individu untuk dapat memahami keadaan pada dirinya mampu menerima diri secara lebih positif mampu mentolerir dan memperbaiki kegagalan dengan baik sehingga dapat beraktualisasi dan berprestasi dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan Konseling Kelompok Kognitif Perilaku untuk meningkatkan harga diri siswa SMK. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan rancangan eksperimen dengan desain pretest and posttest control group. Data dianalisis dengan uji statistik nonparametrik Two Independent Sample Test Mann Whitney U. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai uji Z yaitu -2 242 dan angka Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0 025. Karena nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari ( 945 /2 0 05) maka Ho ditolak yang artinya konseling kelompok kognitif perilaku efektif untuk meningkatkan harga diri siswa SMK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disampaikan saran 1) bagi konselor Konseling Kelompok Kognitif Perilaku dapat diterapkan untuk meningkatkan harga diri siswa SMK dan sebagai dasar untuk memahami aspek perkembangan siswa 2) peneliti selanjutnya penelitian ini menerapkan Konseling Kelompok Kognitif Perilaku dengan teknik cognitive restructuring problem solving dan tugas rumah untuk peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifannya dengan menggunakan teknik lain yang relevan di samping itu peneliti selanjutnya dapat menggunakan desain penelitian lain seperti single subject design penelitian tindakan dalam bimbingan dan konseling atau penelitian eksperimen lainya agar model Konseling Kelompok Kognitif Perilaku dapat teruji keefektifannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |