Keefektivan konseling kelompok kognitif behavior untuk mengurangi keraguan dalam pengambilan keputusan karir siswa SMK / Akhmad Fajar Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektivan konseling kelompok kognitif behavior untuk mengurangi keraguan dalam pengambilan keputusan karir siswa SMK / Akhmad Fajar Prasetya

Prasetya, Akhmad Fajar (2014) Keefektivan konseling kelompok kognitif behavior untuk mengurangi keraguan dalam pengambilan keputusan karir siswa SMK / Akhmad Fajar Prasetya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetya Akhmad Fajar. 2014. Keefektivan Konseling Kelompok Kognitif Behavior Untuk Mengurangi Keraguan Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMK. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Hidayah M. Pd. (II) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd. Kata Kunci konseling kelompok kognitif behavior keraguan pengambilan keputusan karir 12288 12288 12288 Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan yang mengindikasikan adanya sikap dan perilaku yang mengarah pada keraguan pengambilan keputusan karir siswa SMK. Perilaku keraguan dalam pengambilan keputusan karir yang terjadi antara lain yaitu siswa masih bingung untuk menentukan kemana setelah lulus menyerahkan pilihan pada orang tua ikut pada kebanyakan pilihan teman mengabaikan situasi yang menuntunya untuk segera merencanakan keputusan karir. Permasalah keraguan pengambilan keputusan karir ini meskipun sudah berusaha diselesaikan namun penangananya belum optimal masih terbatas pada layanan informasi dan orientasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi keraguan pengambilan keputusan karir siswa SMK melalui konseling kelompok Kognitif Behavior. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil pengukuran skala keraguan pengambilan keputusan karir telah terjaring enam belas siswa yang teridentifikasi memiliki keraguan pengambilan keputusan karir dalam kategori tinggi. Selanjutnya pemilihan subjek untuk kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan secara acak dengan jumlah delapan siswa untuk setiap kelompok. Ada dua jenis instrumen yang dipergunakan yaitu instrumen perlakukan dan pengukuran. Instrumen perlakuan terdiri dari buku panduan KKKB untuk konselor sedangkan instrumen pengukuran terdiri dari skala keraguan pengambilan keputusan karir yang memiliki nilai validitas nilai R di atas 0 320 dan reliabilitas sebesar 0 855 dan lembar refleksi diri siswa. Analisis data menggunakan uji Two-Independent-Sampel Test-Mann-Whitney U. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai zhitung yaitu -3.315 dan Asymp. Sig. (2-tailed) 0.001

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56787

Actions (login required)

View Item View Item