Penerapan prosedur behavioral skills training untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah (problem solving skill) pada siswa sekolah menengah pertama / Rita Maria Sri Urip Ismani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prosedur behavioral skills training untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah (problem solving skill) pada siswa sekolah menengah pertama / Rita Maria Sri Urip Ismani

Ismani, Rita Maria Sri Urip (2014) Penerapan prosedur behavioral skills training untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah (problem solving skill) pada siswa sekolah menengah pertama / Rita Maria Sri Urip Ismani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ismani Rita Maria Sri urip 2013. Penerapan Prosedur Behavioral Skills Training (BST) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan masalah (Problem Solving Skill) pada Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (I) Prof. Marthen Pali M.Psi. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata Kunci Prosedur Behavioral Skills Training ( BST) Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving Skill) Usia remaja adalah usia yang penuh dengan badai dan stres yang ditandai munculnya berbagai masalah dalam kehidupan remaja. Seiring perkembangan remaja mereka menghadapi masalah yang semakin kompleks baik masalah pribadi-sosiaal belajar maupun karier. Remaja membutuhkan Keterampilan Pemecahan Masalah untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Keterampilan Pemecahan Masalah adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah melalui empat langkah penting yaitu (1) dapat menuangkan masalah yang dialami secara lisan ataupun tulisan (2) dapat menyusun solusi pemecahan masalah (3) dapat melaksanakan solusi yang telah dipilih (4) dapat mengevaluasi solusi yang telah dilaksanakan. Konselor kadang cepat mengambil keputusan untuk menolong remaja sementara yang dibutuhkan siswa adalah bantuan atau bimbingan dan bukan keputusan. Agar siswa dapat meningkat Keterampilan Pemecahan Masalah maka perlu dilatihkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan prosedur Behavioral Skills Training dapat Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan prosedur Behavioral Skills Training dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa SMP. Rancangan yang dipergunakan pada penelitian ini 1) kuantitatif untuk mengukur 2) kualitatif dipergunakan untuk menggambarkan peningkatan pemecahan masalah dari masing-masing subyek. Penelitian ini menggunakan Equivalent Time Series Design untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Subyek penelitian ada 6 siswa kelas IX SMP Negeri 5 Malang. Instrumen penelitian menggunakan Skala Keterampilan Pemecahan Masalah rubrik observasi rubrik tugas rumah. Data dianalisis dengan menggunakan Wilxocon Sign Rank Test dan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan keterampilan pemecahan masalah dari kategori rendah ke tinggi. Tiap subyek menunjukkan adanya kenaikan perubahan kategori. Enam subyek berkategori rendah menjadi kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa prosedur Behavioral Skills Training (BST) dapat meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Kesimpulan penerapan prosedur behavioral skill training dapat meningkat-kan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Saran dari penelitian ini ditujukan pada (1) sekolah memberi kesempatan kepada konselor menerapkan prosedur Behavioral Skills Training (BST) untuk membantu siswa meningkatkan Keterampilan Memecahkan masalah (2) konselor dapat menerapkan prosedur Behavioral Skills Training (BST) sebagai prosedur alternatif pada bimbingan kelompok. (3) peneliti selanjutnya dapat menerapkan prosedur behavioral skills training untuk meneliti aspek lain dari perkembangan remaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56783

Actions (login required)

View Item View Item