Kusyanti, Arif (2014) Pengembangan paket bimbingan empati untuk siswa sekolah menengah pertama / Arif Kusyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
sKusyanti Arif. 2013. Pengembangan Paket Bimbingan Empati untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A. Kata kunci paket bimbingan empati siswa SMP. Empati merupakan sikap yang ditunjukkan untuk memahami apa yang dirasakan atau lebih tepatnya untuk memahami apa yang akan merasa seperti jika berada dalam situasi tersebut. Banyak hal yang timbul dengan rendahnya empati tersebut berkaitan dengan kehidupan pribadi sosial siswa yang bisa menjadi sumber persoalan seperti membeda-bedakan teman kecenderungan berkelompok dengan teman yang memiliki persamaan kurang disiplin kurang efektif berkomunikasi munculnya kekerasan dan berbagai persoalan lain. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan paket bimbingan empati bagi siswa SMP yang memenuhi aspek keberterimaan dan dapat digunakan oleh konselor dalam melatih siswa untuk meningkatkan empati siswa. Pengembangan paket bimbingan empati untuk siswa SMP menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahap. Tahap I yaitu tahap persiapan yang meliputi asesmen kebutuhan menentukan tujuan pengembangan dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Tahap II yaitu tahap pelaksanaan yang meliputi penyusunan draft produk. Tahap III yaitu tahap uji coba ahli uji perorangan dan uji lapangan terbatas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif berupa rata-rata sedangkan wawancara komentar dan saran dianalisis secara kualitatif. Hasil uji ahli dengan menggunakan skala penilaian terhadap paket yang dikembangkan menunjukkan aspek keberterimaan dari aspek menunjukkan ketepatan dalam merumuskan dan menjabarkan tujuan secara analisis media kegunaan seberapa besar manfaat paket bimbingan empati yang dikembangkan bagi konselor dan siswa dilihat dari hasil yag diberikan oleh dua orang uji ahli yaitu ahli media bidang bimbingan dan konseling dan ahli pengembangan media pendidikan. Saran ini ditujukan pada konselor dan peneliti selanjutnya adapaun saran untuk konselor yaitu konselor tidak perlu mengklasifikasi siswa yang memiliki empati rendah melaksanakan pelayanan dasar berupa bimbingan dalam melatihkan empati kepada teman sebaya dengan desain L.E.A.P.S untuk mengembangkan empati karena sudah terbukti keberterimaannya dan mengamati perilaku siswa selama kegiatan bimbingan Sedangkan saran untuk peneliti selanjutya diharapkan meneliti tentang efektivitas paket bimbingan ini dengan menggunakan penelitian eksperimen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |