Perbandingan metode dialog sacrotes dan focus discusssion untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP / Mufida Istati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan metode dialog sacrotes dan focus discusssion untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP / Mufida Istati

Istati, Mufida (2014) Perbandingan metode dialog sacrotes dan focus discusssion untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP / Mufida Istati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Istati Mufida. 2013. Perbandingan Metode Dialog Socrates dan Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMP. Tesis. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nur Hidayah. M.Pd (2) Dr. Andi Mappiare-AT M.Pd. Kata kunci tanggung jawab akademik dialog Socrates focus group discussion Tanggung jawab akademik merupakan salah satu sikap yang penting dimiliki oleh seorang pelajar untuk mencapai keberhasilan dalam belajar dan aktivitas masa depan. Hal tersebut menyebabkan perlu metode yang tepat untuk membantu meningkatkan tanggung jawab akademik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan antara metode dialog Socrates (MDS) dan focus group discussion (FGD) yang diimplementasi dalam Cognitive Behavior Therapy (CBT) yaitu MDS-CBT dan FGD-CBT untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP. Metode dialog Socrates dan focus group discussion dilaksanakan dalam konseling kelompok CBT yang terdiri dari tahap awal kerja dan akhir. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest-post-test two treatment designs. Metode dialog Socrates sebagai kelompok eksperimen I dan focus group discussion sebagai kelompok eksperimen II. Setiap kelompok eksperimen terdiri dari 6 siswa yang terjaring memiliki tanggung jawab akademik rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala tanggung jawab akademik panduan konseling metode dialog Socrates dan focus group discussion serta pedoman observasi konseling. Analisis data penelitian menggunakan uji dua sampel bebas Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara metode dialog Socrates dan focus group discussion dalam meningkatkan tanggung jawab akademik siswa. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa konseling FGD-CBT lebih tinggi skornya dibandingkan MDS-CBT untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa. Saran penelitian ini adalah 1) bagi konselor yang ingin melaksanakan konseling MDS-CBT dan FGD-CBT diharapkan diberikan kepada a) siswa dengan kemampuan diskusi yang baik b) FGD-CBT diberikan kepada siswa yang cenderung terbuka dalam berbagi pengalaman pribadinya sedangkan untuk MDS-CBT sebaliknya 2) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melaksanakan treatment metode dialog Socrates dalam setting individu focus group discussion diberikan kepada siswa dari kelas yang berbeda sehingga dapat diperoleh pengalaman yang lebih beragam dalam kelompok diskusi dan pada intervensi focus group discussion peneliti lebih memfokuskan observasi pada sesi berbagi pengalaman untuk mengetahui setiap perubahan tanggung jawab akademik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56780

Actions (login required)

View Item View Item