Keefektifan pelatihan teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan / Putu Ari Dharmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pelatihan teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan / Putu Ari Dharmayanti

Dharmayanti, Putu Ari (2014) Keefektifan pelatihan teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan / Putu Ari Dharmayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dharmayanti Putu Ari.2013.Efektifitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Adi Atmoko M.Si. (2) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd Kata Kunci Keterampilan Komunikasi Role Playing 12288 12288 12288 12288 Tugas perkembangan Siswa SMK sebagai remaja salah satunya adalah belajar untuk berkomunikasi membangun hubungan baik dengan keluarga teman dan orang lain tetapi pada kenyataannya masih ada siswa yang kurang mampu menjalin menjalin komunikasi lingkungannya. Siswa harus memahami bahwa keterampilan komunikasi interpersonal tidak hanya terbatas pada cara menerima dan mengirim pesan yang baik tetapi lebih ditekankan pada kemampuan individu untuk mewujudkan komunikasi yang harmonis sehingga antara komunikator dan komunikan terlibat dalam komunikasi interpersonal yang efektif yang diwujudkan melalui lima komponen berikut ini yaitu 1) keterbukaan 2) empati 3) dukungan 4) sikap positif) dan 5) kesetaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan teknik role playing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one-group pretest-postest dengan subjek 6 orang siswa kelas XI SMK N 1 Seririt jurusan akomodasi perhotelan yang teridentifikasi sebagai siswa yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal rendah. Instrumen yang digunakan yaitu skala keterampilan komunikasi interpersonal dan instrument untuk bahan perlakuan berupa buku panduan pelatihan. Skala keterampilan komunikasi interpersonal telah diuji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan Alpha Cronbach dimana nilai 945 0.770 dan korelasi butir dengan total 0.3 yang berarti bahwa skala keterampilan komunikasi interpersonal layak digunakan dalam penelitian. Buku panduan pelatihan telah divalidasi oleh ahli dengan indeks uji ahli sebesar 1 yang berarti memiliki validitas yang sangat tinggi dan layak digunakan sebagai bahan perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan tingkat keterampilan komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah mendapatkan intervensi pelatihan teknik role playing yang dianalisis dengan menggunakan uji statistic Wilcoxon dimana diperoleh nilai z hitung 2 207 z tabel 1 96 dan diperoleh p 0.027 0.05 yang berarti intervensi pelatihan teknik role playing efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK jurusan Akomodasi perhotelan. Saran penelitian sebagai berikut (1) konselor sekolah dapat menggunakan teknik ini sebagai sarana untuk menyampaikan layanan bimbingan pribadi sosial kepada siswa SMK jurusan akomodasi perhotelan. (2) agar teknik ini benar-benar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maka siswa harus terus mengasah kemampuan mereka dengan cara terus berlatih dan (3) peneliti selanjutnya dapat menindak lanjuti penelitian ini dengan menggunakan desain yang berbeda seperti penelitian eksperimen dengan menggunakan kelompok control agar teknik role playing dapat lebih teruji keefektifannya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56778

Actions (login required)

View Item View Item