Keefektifan pelatihan metode self instruction dalam meningkatkan self esteem siswa SMA / Luh Putu Sri Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pelatihan metode self instruction dalam meningkatkan self esteem siswa SMA / Luh Putu Sri Lestari

Lestari, Luh Putu Sri (2014) Keefektifan pelatihan metode self instruction dalam meningkatkan self esteem siswa SMA / Luh Putu Sri Lestari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Luh Putu Sri.2013. Keefektifan Pelatihan Metode Self-Instruction dalam Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMA. Tesis Program Studi Bimbingan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Adi Atmoko M.Si (II) Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Metode Self-Instruction Self-Esteem 12288 12288 12288 Data yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian mengenai usaha meningkatkan self-esteem mengindikasikan perlunya metode khusus untuk membantu siswa yang memiliki self-esteem rendah secara efektif. Konselor diharapkan memiliki keterampilan untuk menguasai dan mengaplikasikan metode dalam bimbingan konseling secara efektif dan efisien dengan memperhatikan tingkat perkembangan siswa. 12288 12288 12288 12288 Dalam upaya menerapkan metode dalam bimbingan konseling yang memperhatikan tingkat perkembangan siswa maka digunakan Metode Self-Instruction. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pelatihan metode self-instruction dalam meningkatkan self-esteem siswa SMA. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen yaitu one-group pretest-posttest design dengan subjek 5 orang siswa kelas XI SMA. Lab. Undiksha Singaraja yang teridentifikasi sebagai siswa yang memiliki self-esteem rendah. Instrumen yang digunakan yaitu skala self-esteem dan instrumen untuk bahan perlakuan berupa buku panduan pelatihan dengan metode self-instruction. Skala self esteem telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan Alpha Cronbach dimana nilai 945 0 915 dan korelasi butir total 0 3 yang berarti bahwa skala self esteem layak digunakan dalam penelitian. Buku panduan pelatihan telah divalidasi oleh ahli dengan indeks uji ahli sebesar 1 yang berarti memiliki validitas yang sangat tinggi dan layak digunakan sebagai bahan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat self-esteem siswa sebelum dan setelah mendapatkan intervensi pelatihan dengan metode self-instruction. Dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test dimana nilai z hitung 2 060 z tabel 1 96 dan p 0 039 0 05 yang berarti intervensi metode self-instruction secara signifikan dapat meningkatkan self esteem siswa. 12288 12288 12288 Kepada konselor sekolah disarankan untuk dapat menggunakan metode self instruction ini sebagai metode/strategi dalam bimbingan dan konseling. Secara praktis konselor sekolah hendaknya memperhatikan pemilihan materi dan alokasi waktu sesuai dengan tahap-tahap perkembangan siswa. Kepada peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai dasar pijakan teoritis dalam melakukan penelitian lebih lanjut dan disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan desain penelitian yang berbeda atau membandingkan metode self instruction dengan jenis intervensi lainnya untuk mengatasi masalah yang sama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56776

Actions (login required)

View Item View Item