Penerapan problem-based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas olahraga / Kantiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem-based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas olahraga / Kantiningrum

Kantiningrum (2014) Penerapan problem-based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas olahraga / Kantiningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kantiningrum. 2013. Penerapan Problem-based learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Olahraga. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono M.Pd (II) Dr. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci Problem-based learning motivasi belajar kelas olahraga Problem-based learning adalah metode pembelajaran dengan menerapkan lima langkah yaitu (1) orientasi siswa pada masalah (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar (3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Problem-based learning adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berlandaskan pada paradigma konstruktivisme yang berorientasi pada proses belajar siswa. Kelas olahraga adalah kelas khusus yang siswa-siswanya memiliki prestasi di bidang olahraga. Pelaksanaan kelas olahraga berdasarkan kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. SMP Negeri 01 Batu merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk Pemerintah untuk menyelenggarakan kelas olahraga. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan problem-based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas olahraga. Metode pada penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pelaksanaan bimbingan dan konseling 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas olahraga yang berjumlah 19 siswa. Penelitian berlangsung di SMP Negeri 01 Batu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa adalah skala motivasi belajar. Data dianalisis dengan teknik deskriptif persentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan problem-based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas olahraga dalam mengikuti bimbingan dan konseling. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar mencapai 60 74 dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 70 53. Saran penelitian yaitu (1) untuk konselor penerapan problem-based learning dengan metode permainan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar mengikuti layanan bimbingan dan konseling siswa terutama pada aspek kegigihan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan (2) untuk peneliti selanjutnya perlu ditindaklanjuti dengan penelitian eksperimen yang lebih mendalam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56775

Actions (login required)

View Item View Item