Pengembangan panduan pelatihan self advocacy siswa SMP / Hariadi Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan self advocacy siswa SMP / Hariadi Ahmad

Ahmad, Hariadi (2013) Pengembangan panduan pelatihan self advocacy siswa SMP / Hariadi Ahmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ahmad Hariadi. 2013. Pengembangan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Tesis Program Studi Bimbingan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Panduan Pelatihan Self Advocacy. 12288 12288 12288 12288 12288 Individu sebagai makhluk sosial mempunyai dorongan dari dalam dan luar diri untuk berinteraksi. Individu memerlukan keterampilan sosial yang baik dalam berinteraksi. Rendahnya keterampilan sosial memicu terjadinya masalah pribadi sosial. Siswa sedang mengalami perubahan fisik psikis dan mengalami fase transisi kebimbangan jadi diri dan identitas diri. Perubahan perkembangan bertujuan penyesuaian diri yang positif terhadap lingkungan sekitarnya memerlukan aktualisasi diri. Keberhasilan siswa dalam penyesuaian diri dengan baik secara pribadi maupun sosial harus mempunyai kesempatan mengungkapkan minat dan keinginannya. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan panduan pelatihan self advocacy yang dikembangkan dengan teknik Structure Learning Approach yang memenuhi kriteria akseptabilitas (kegunaan kelayakan ketepatan dan kepatutan) dan (2) menghasilkan panduan pelatihan self advocacy yang efektif meningkatkan self advocacy siswa SMP. Model pengembangan produk menggunakan model Borg Gall (1983) yang kemudian dimodifikasi menjadi tiga tahapan pengembangan yaitu prapengembangan pengembangan dan pascapengembangan. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji ahli yang terdiri dari tiga orang ahli Bimbingan Konseling dan hasil uji pengguna/konselor yang terdiri dari seorang konselor terhadap pengembangan panduan pelatihan self advocacy baik secara kuantitatif dan kualitatif telah memenuhi kriteria akseptabilitas. Oleh karena itu produk pengembangan panduan pelatihan self advocacy ini dapat dijadikan sebagai panduan konselor untuk membantu siswa dalam aspek pribadi-sosial khususnya dalam mencapai aspek kemandirian peserta didik. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis pretest dan postest pelatihan yang dilakukan pada uji kelompok terbatas (siswa) yang diukur dengan menggunakan skala self advocacy menunjukkan peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada komponen kesadaran diri pemecahan masalah dan pengambilan keputusan keterampilan komunikasi dan kesadaran tanggung jawab. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil uji statistik Wilcoxon diperoleh nilai sebesar (0 012 945 0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa panduan pelatihan self advocacy efektif meningkatkan self advocacy siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 12288 Agar pelaksanaan pelatihan self advocacy dapat mencapai hasil yang baik maka konselor perlu memiliki kompetensi teknis khususnya dalam memimpin kelompok budaya siswa dan kondisi siswa. Pada penelitian selajutnya perlu dilakukan pengamatan di luar seting pelatihan menggunakan desain dan teknik penelitian yang lain dan pada subyek yang lebih besar dan karakteristik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56771

Actions (login required)

View Item View Item