Penerapan strategi pembelajaran Jigsaw untuk mengembangkan karakteristik pribadi calon konselor di Univ ersitas Negeri Malang / Rian Rokhmad Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran Jigsaw untuk mengembangkan karakteristik pribadi calon konselor di Univ ersitas Negeri Malang / Rian Rokhmad Hidayat

Hidayat, Rian Rokhmad (2013) Penerapan strategi pembelajaran Jigsaw untuk mengembangkan karakteristik pribadi calon konselor di Univ ersitas Negeri Malang / Rian Rokhmad Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayat Rian Rokhmad. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Jigsaw untuk Mengembangkan Karakteristik Pribadi Calon Konselor di Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Hidayah M.Pd. (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci jigsaw karakteristik pribadi calon konselor 12288 12288 12288 12288 Data pengamatan awal peneliti di offering B angkatan 2010/2011 Jurusan BK UM selama bulan September sampai Desember 2012 menunjukkan mahasiswa membentuk beberapa klik dalam kelas beberapa mahasiswa dikucilkan dalam pergaulan acuh terhadap teman yang menyampaikan pendapat atau presentasi dan sibuk bermain acang saat dosen menjelaskan materi. Data tersebut menunjukkan rendahnya tiga aspek karakteristik pribadi calon konselor yaitu empati penerimaan tanpa syarat dan ketulusan. Peneliti mengartikan kurang berkembangnya tiga aspek tersebut karena proses perkuliahan selama ini seringkali bersifat ekspositori yang kurang memperhatikan pengorganisasian pengalaman belajar sehingga materi yang telah didapat terlupakan begitu saja. 12288 12288 12288 12288 Penggunaan pembelajaran jigsaw diharapkan mampu menjadi pembelajaran yang mampu memfasilitasi pengorganisasian pengalaman belajar mahasiswa sehingga mampu mengembangkan tiga aspek karakteristik tersebut. Strategi pembelajaran jigsaw meliputi lima tahap yaitu pembagian kelompok asal pembagian materi bahan ajar diskusi kelompok ahli pelaporan dan presentasi pada kelompok asal dan penghargaan atas presentasi mahasiswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam tiga siklus. Data dikumpulkan dengan observasi dan jurnal belajar. Data dianalisis secara kualitatif dengan model analisis data Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil refleksi diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran jigsaw dapat mengembangkan tiga aspek karakteristik pribadi calon konselor. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata empati penerimaan tanpa syarat dan kelutulusan masih berada pada taraf rendah . Pada penelitian siklus II diketahui bahwa rata-rata tiga karakteristik pada taraf sedang . Sedangkan pada penelitian siklus III diketahui bahwa tiga aspek karakteristik telah mencapai taraf tinggi . Namun beberapa mahasiswa masih belum mampu membiasakan diri secara penuh menerapkan tiga aspek karakteristik pribadi. 12288 12288 12288 12288 Saran penelitian ini antara lain dosen jurusan BK hendaknya menggunakan strategi pembelajaran jigsaw yang mendukung pengembangan karakteristik pribadi sebagai nurturant effect pada calon konselor jurusan BK dalam mengembangkan kurikulum khususnya matakuliah rumpun konseling menyertakan strategi pembelajaran jigsaw untuk mengembangkan tiga aspek karakteristik calon konselor peneliti selanjutnya dapat mengujikan transferbility hasil penelitian pada kelas lain dengan karakteristik kelas yang sama untuk mengembangkan tiga aspek karakteristik pribadi calon konselor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56770

Actions (login required)

View Item View Item