Ulfa, Ida Yuhana (2013) Keefektifan teknik klarifikasi nilai untuk meningkatkan efikasi diri pengambilan keputusan karier siswa SMK keluarga TKI / Ida Yuhana Ulfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci keefektifan klarifikasi nilai efikasi diri keputusan karier siswa SMK keluarga TKI Kehidupan masyarakat yang semakin komplek menawarkan pilihan karier yang semakin banyak. Untuk menghadapi pilihan-pilihan tersebut siswa SMK dituntut memiliki kemampuan dan efikasi diri dalam melakukan pengambilan keputusan karier yang cermat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan teknik klarifikasi nilai untuk meningkatkan efikasi diri pengambilan keputusan karier siswa SMK. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa SMK yang berasal dari keluarga TKI terdiri dari 9 siswa yang dijaring dengan skala EDPKK dan teridentifikasi memiliki EDPKK rendah. Instrumen pengumpul data ada dua yaitu skala Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier (EDPKK) dan instrumen untuk bahan perlakuan berupa teknik klarifikasi nilai. Instrumen skala EDPKK diuji validitas isi melalui uji ahli dengan indeks agreement 0 9 yang berarti memiliki validitas sangat tinggi. Hasil Uji coba skala EDPKK menunjukkan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0 943 yang berarti memiliki reliabilitas sangat tinggi. Instrumen bahan perlakuan diuji validitas melalui uji ahli dengan indeks agreement 0 97 yang berarti memiliki validitas sangat tinggi. Analisis data dengan uji statistik nonparametrik wilcoxon sign rank test diperoleh z hitung 2 666 lebih besar dari z tabel 1 96 dan diperoleh skor Asymp. Sig. sebesar 0 008 (sig. 0 05) yang berarti intervensi teknik klarifikasi nilai mempunyai efek untuk meningkatkan EDPKK siswa SMK dari keluarga TKI. Saran yang diajukan 1) teknik klarifikasi nilai dapat digunakan oleh konselor sekolah sebagai salah satu alternatif layanan bimbingan karier kepada siswa SMK dari keluarga TKI mengembangkan teknik klarifikasi nilai untuk meningkatkan EDPKK siswa selain dari keluarga TKI memperhatikan pemilihan materi pelatihan yang tepat sesuai dengan tahapan-tahapan dalam kajian teori klarifikasi nilai dan memperhatikan pengaturan alokasi waktu 2) peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian eksperimen one-group pretest-posttest design dan uji statistik nonparametrik wilcoxon sign rank test karena terbukti efektif memperhatikan instrumen yang digunakan mengantisipasi variabel-variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap validitas internal dan eksternal dalam proses perlakuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |