Rahmawati, Weni Kurnia (2013) Keefektifan model experiential learning untuk meningkatkan kepedulian siswa SMK Jurusan Keperawatan / Weni Kurnia Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kepedulian experiential learning Rendahnya kepedulian para perawat dapat dilihat dari banyaknya kritik masyarakat terhadap pelayanan yang mereka berikan. Dalam hal ini para perawat sering terlihat kurang perhatian pada pasien melayani dan membantu dengan pamrih dan bentuk-bentuk ketidakpedulian lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kepedulian para siswa calon perawat di SMK Jurusan Keperawatan dapat ditingkatkan dengan menggunakan model experiential learning Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini menggunakan equivalent time series design yang terdiri satu kali pretest dan empat kali posttest dengan subjek sebanyak 6 orang. Pengukuran kepedulian para subjek pada pretest posttest 1 posttest 2 posttest 3 dan posttest 4 secara berurut menggunakan Skala Kepedulian form A A B C dan D. Uji Alpha Chronbach terhadap keempat form memperoleh nilai reliabilitas sebagai berikut form A sebesar 0 838 form B sebesar 0 814 form C sebesar 0 750 dan form D sebesar 0 723. Untuk kriteria seluruh validitas butir soal sebesar 8805 0 361. Analisis data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis post-tes 1 dengan post-tes 2 menunjukkan angka signifikansi sebesar (0 116 8805 0 05) sehingga Ho diterima kesimpulan tidak ada perbedaan nilai post-test 1 dan post-test 2 selama proses intervensi pada masing-masing subyek penelitian atau ada subyek penelitian yang memiliki nilai post-test 2 lebih kecil dibanding dengan nilai post-test 1. Untuk pre-tes dengan post-tes1 sebesar (0 027 8804 0 05) post-tes 2 dengan post-tes 3 sebesar (0 027 8804 0 05) dan post-tes 3 dengan post-test 4 sebesar (0 028 8804 0 05) yang menyimpulkan ada perbedaan nilai selama proses intervensi pada masing-masing subyek penelitian. Kesimpulannya adalah model experiential learning efektif untuk meningkatkan kepedulian siswa SMK jurusan keperawatan. Saran penelitian (1) saran bagi pengguna menggunakan model yang bervariasi dalam pembelajaran salah satunya model experiential learning mengadakan pelatihan untuk mengembangkan soft skill siswa (2) konselor model dapat digunakan sebagai sarana pelatihan dalam setting bimbingan kelompok (3) peneliti selanjutnya penelitian ini dikembangkan menggunakan desain penelitian lain seperti single subject design dan penelitian eksperimen dengan menggunakan kelompok kontrol. .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |