Penggunaan self control strategies untuk mengurangi perilaku off task / Agustina Saptaningsasi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan self control strategies untuk mengurangi perilaku off task / Agustina Saptaningsasi

Saptaningsasi, Agustina (2013) Penggunaan self control strategies untuk mengurangi perilaku off task / Agustina Saptaningsasi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Self control strategies dan perilaku off task. Kemunculan perilaku off task dalam kegiatan pembelajaran akan mengganggu proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengukur perubahan perilaku off task siswa SMA Laboratorium UM setelah penggunaan self control strategies. Perilaku off task merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan kegiatan belajar atau perilaku yang tidak dikehendaki (inappropriate behavior). Penelitian ini menggunakan single-subject design. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dan dianalisis dengan teknik visual grafik. Perubahan perilaku yang ditunjukkan pada tahap baseline sampai tahap treatmen divisualisasikan dengan menggunakan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self control strategies mampu mereduksi perilaku off task lebih dari kriteria yang ditentukan. Hal ini dibuktikan dengan persentase sebagai berikut subyek 1 mengalami penurunan frekuensi 68 75% dengan penurunan durasi 72 41% subyek 2 mengalami penurunan frekuensi 62 5% dengan penurunan durasi 72% subyek 3 mengalami penurunan frekuensi 83 33% dengan penurunan durasi 88 88% dan subyek 4 mengalami penurunan frekuensi 70 58% dengan penurunan durasi 78 57%. Dengan demikian secara umum self control strategies dapat mengurangi perilaku off task siswa SMA Laboratorium UM. Saran penelitian adalah sebagai berikut 1) guru BK dapat menggunakan pendekatan konseling dengan self control strategies untuk membantu siswa mengubah perilaku off task karena sudah terbukti efektif untuk menurunkan perilaku off task yang terjadi di dalam kelas pada saat proses belajar dan 2) Bagi para peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi untuk mengadakan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56759

Actions (login required)

View Item View Item