Pengembangan panduan pelatihan moral awareness untuk siswa SMP / Farida Herna Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan moral awareness untuk siswa SMP / Farida Herna Astuti

Astuti, Farida Herna (2013) Pengembangan panduan pelatihan moral awareness untuk siswa SMP / Farida Herna Astuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan panduanpelatihan moral awareness. Masaremajaadalahmasa yang pentingdalamperkembangan moral dimanamerekadihadapkandengankontradiksiantarakonsep moral yang telahmerekaterimadenganapa yang merekaalami di lingkungankeluargadantetangga. Penelitianpengembanganinibertujuanuntukmenyusunpanduanpelatihankesadaran moral bagisiswa SMP sebagaisalahsatu media bimbingandankonseling yang memenuhikriteriaakseptabilitas (kegunaan kelayakan ketepatandankepatutan) danmenghasilkanpanduanpelatihanmoral awareness yang efektifmeningkatkanmoral awarenesssiswa SMP.Produkpengembanganinimenggunakankonstrukteorimoral awarenessdariBorba. Model pengembanganmenggunakan model Borg dan Gall yang dimodifikasimenjaditigatahapan yaituprapengembangan pengembangandanpascapengembangan. Kegiatanpadatahapprapengembanganadalahmelakukanneed assessmentdanstudiliteratur kegiatanprapengembanganadalahmenyusundrafpanduan merumuskantujuanumum tujuankhusus mengembangkanalatevaluasisertamenentukanstrategipelatihandanmenghasilkanprototypepanduanpelatihanmoral awarenessberupapanduankonselordanpanduansiswa padapascapengembanganterdiridariujidua orang ahlibimbingandankonseling ujidua orang konselordanujikelompokterbataspadadelapansiswa. Hasilpenilaianahlidankonselormenunjukkanbahwapanduanpelatihanmoral awarenessuntuksiswa SMP telahmemenuhikriteriaakseptabilitas.Sedangkanhasilujikelompokterbatasmenunjukkantidakadanyapeningkatankesadaran moral subjeksecarasignifikanpadasebelumdansesudahpelatihan. Produkpanduanpelatihankesadaran moral inimenjadi media bimbinganbagikonseloruntukmembantusiswapadaaspekpribadisosial khususnyaaspekperilaku moral.BerdasarkanhasilujiLevene test diketahuibahwaperbedaanvarianantardistribusiskorpretestdanposttesttidaksignifikan. Sehinggadapatdisimpulkanbahwa data pretestdanpostestadalahhomegen.Setelah data dipastikanhomogen (lulus ujihomogenitas) maka dilakukananalisisujibedadengan formula Wilcoxon. Berdasarkanhasilanalisisdiketahuibahwa H0diterimadan H0ditolak yang berartitidakadaperbedaanskor rata-rata kesadaran moral siswa yang signifikansetelahdiberipelatihankesadaran moral denganstrategivalue clarification technique.Hasilinididukungdenganbesarnyakoefisien Z sebesar -1 153 dengansignifikansisebesar 0 249.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56754

Actions (login required)

View Item View Item