Keefektifan metode cinemaeducation based on true story (CBTS) pada pelatihan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA / Henny Christine Mamahit - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan metode cinemaeducation based on true story (CBTS) pada pelatihan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA / Henny Christine Mamahit

Mamahit, Henny Christine (2013) Keefektifan metode cinemaeducation based on true story (CBTS) pada pelatihan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA / Henny Christine Mamahit. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci metode cinemaeducation based on true story (CBTS) keterampilan pengambilan keputusan pribadi (KPKP) Urgensi pengambilan keputusan pada usia remaja semakin meningkat disertai dengan pilihan yang semakin beragam khususnya yang berkaitan dengan keputusan pribadi. Remaja perlu menguasai keterampilan tersebut sebagai salah satu life skill. Keterampilan pengambilan keputusan pribadi merupakan kecakapan individu berperilaku dalam proses pembuatan keputusan. Keterampilan ini dipengaruhi oleh faktor logic empirical-data normative dan afeksi. Untuk memperoleh keputusan yang benar individu melewati lima tahap yakni menetapkan tujuan mengumpulkan informasi menyusun pilihan mengidentifikasi dan mengevaluasi kemungkinan serta konsekuensi dan tahap terakhir yaitu membuat keputusan. Dalam rangka mengajarkan KPKP digunakan metode cinemaeducation based on true story (CBTS). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan metode CBTS pada pelatihan keterampilan pengambilan keputusan pribadi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan multiple treatments-Single Subject Design menggunakan repeated measures. Subyek penelitiannya adalah 9 siswa SMA kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik observasi KPKP action task lembar refleksi dan skala KPKP. Analisis data menggunakan analisis visual dengan memperhatikan perubahan level dan trend dalam dan antar kondisi dari masing-masing subyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subyek meningkat secara level dari fase baseline ke fase intervensi dengan metode CBTS kemudian dari fase intervensi dengan gambar ke fase intervensi dengan metode CBTS tahap kedua. Setiap perubahan level tersebut diikuti dengan kenaikan trend yang cukup tajam. 3 subyek yang berada pada kategori rendah mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi setelah diberikan intervensi. Tiga subyek pada kategori sedang mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi. Tiga subyek pada kategori tetap berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan metode CBTS efektif dalam proses pelatihan KPKP. Saran dalam penelitian ini adalah 1) untuk konselor dapat memanfaatkan metode cinemaeducation dan mengumpulkan film-film yang dapat digunakan untuk bidang bimbingan kelompok serta disertai layanan follow up 2) bagi pihak sekolah dapat mendukung program BK dengan memfasilitasi kegiatan dan media yang menunjang metode cinemaeducation 3) untuk lembaga LPTK penghasil tenaga konselor dapat membekali calon konselor dengan pembelajaran pengembangan metode cinemaeducation dalam praktek psikoedukasi yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa dan 4) untuk peneliti berikutnya dapat memfokuskan pada kesulitan siswa dalam mengambil keputusan melalui konseling individual ataupun kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56753

Actions (login required)

View Item View Item