Dewanti, Septinda Rima (2013) Pengembangan paket bimbingan rasa hormat (respect) untuk siswa sekolah dasar / Septinda Rima Dewanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci paket bimbingan rasa hormat dan siswa SD Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan paket bimbingan rasa hormat bagi siswa SD yang berguna terlaksana dan tepat baik secara teoretik maupun praktik. Ditemukannya permasalahan kurangnya kesadaran akan keunikan diri sendiri dan kelebihan orang lain mendorong peneliti untuk mengembangkan paket bimbingan rasa hormat (respect) siswa SD. Di sekolah sering dijumpai anak-anak yang tidak mau menerima kelebihan temannya. Beberapa anak merendahkan hasil kerja temannya dan juga menghina kekurangan teman-temannya. Perasaan menghargai pendapat orang lain juga kurang tampak dalam intertaksi siswa di kelas. Selain itu tingkah laku yang ditunjukan siswa kepada guru atau orang tua cenderung tidak menghormati. Dari wawancara dan observasi kondisi tersebut diketahui dan dijadikan sebagai latar belakang pengembangan paket bimbingan rasa hormat untuk siswa SD. Dengan harapan jika rasa hormat diajarkan pada usia anak-anak dapat dijadikan sebagai fondasi pada usia-usia selanjutnya seperti yang dikemukakan oleh Gardner (2006). Prosedur yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan paket bimbingan rasa hormat adalah (1) persiapan/pra penelitian yang di dalamnya dilakukan analisis kebutuhan dan menentukan tujuan penelitian (2) penyusunan produk hipotetik yaitu paket bimbingan rasa hormat (3) uji ahli yang dilakukan kepada ahli bimbingan dan ahli media bimbingan (4) revisi 1 (5) uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil dan kepada guru/konselor di SD (6) revisi produk dan (7) penyusunan produk akhir yaitu paket bimbingan rasa hormat. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian disertai dengan format penilaian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan ialah kategorisasi skor dan deskripsi dari setiap skor yang diperoleh. Dari penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dihasilkan paket bimbingan rasa hormat yang berguna terlaksana dan tepat baik secara teoretik maupun praktik yang diketahui dari hasil uji ahli dan uji coba produk pada calon pengguna. Penilaian pada aspek kegunaan oleh ahli bimbingan dan ahli media bimbingan berata-rata 3 4 dan 3 7. Pada aspek keterlaksanaan ahli bimbingan dan ahli media bimbingan memberikan skor penilaian dengan rata-rata 3 07 dan 3 7. Aspek ketepatan memperoleh rata-rata skor 3 58 dan 3 7. Setiap rata-rata tersebut menunjukan bahwa paket bimbingan rasa hormat berguna terlaksana dan tepat untuk mengembangkan rasa hormat siswa SD. Begitu juga dengan hasil uji coba produk kepada guru/konselor dan siswa mereka mengungkapkan bahwa paket bimbingan rasa hormat berguna terlaksana dan tepat serta menarik digunakan. Penilaian dari uji ahli maupun ujicoba produk menunjukan bahwa paket bimbingan rasa hormat berguna terlaksana dan tepat digunakan untuk mengembangkan rasa hormat siswa SD. Bentuk dan desain paket serta isi paket telah memenuhi kriteria keberterimaan baik secara teoretik maupun praktik. Paket bimbingan rasa hormat telah dapat digunakan sebagai media yang digunakan guru/konselor dalam mengembangkan rasa hormat siswa SD. Untuk dapat memanfaatkan lebih lanjut paket bimbingan rasa hormat untuk siswa SD sebaiknya dilakukan uji keefektifan pada subjek dalam jumlah besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |