Wahid, Hasrul (2013) Keefektifan konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa sma pada mata pelajaran matematika / Hasrul Wahid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Konseling Kelompok Teknik Metafora Healing Stories Efikasi Diri Akademik. Dalam bidang akademik masalah keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri (efikasi diri akademik) sangat berperan bahkan menjadi salah satu kunci terhadap prestasi siswa. Efikasi diri akademik juga ikut memperkuat kegiatan belajar dalam meningkatkan kompetensi pendidikan terutama pada mata pelajaran matematika. Siswa dengan efikasi diri yang tinggi pada umumnya mereka akan lebih mudah dan berhasil melampaui latihan-latihan matematika yang diberikan kepadanya. Efikasi diri juga dapat membuat seseorang lebih mudah dan lebih merasa mampu untuk mengerjakan soal-soal matematika yang dihadapinya bahkan soal matematika yang lebih rumit sekalipun. Sebaliknya siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah tampak kurang percaya diri meragukan kemampuan akademiknya tidak berusaha mencapai nilai tinggi menghindari tugas-tugas sulit dan usaha kurang optimal. Akibatnya mereka kurang memiliki aspirasi belajar dalam pelajaran matematika. Oleh karena itu dalam upaya membantu siswa yang mengalami masalah rendah efikasi diri akademik maka dilakukan intervensi konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories. Teknik metafora berbentuk healing stories merupakan salah satu teknik dalam konseling yang menggunakan cerita sebagai dasar perubahan. Proses intervensinya dengan menggunakan tahap-tahap konseling kelompok. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest posttest group control design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Kota Batu yang mengalami masalah rendah efikasi diri akademik pada mata pelajaran matematika yang terdiri dari sepuluh orang siswa pada kelompok eksperimen dan sepuluh orang pada kelompok kontrol. Penjaringan subjek penelitian dengan menggunakan skala efikasi diri akademik pada mata pelajaran matematika. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik non parametrik yaitu uji Two Independent Sample Test Mann Whitney U. Berdasarkan hasil uji statistik dapat dilihat nilai mean (14.90 6.10). Sedangkan output test statistic 7495 Z hitung lebih besar dari Z tabel yaitu (-3.329 0 05) dan nilai Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0 001 atau probabilitas di bawah 0 05 (0 001 0 05). Hasilnya Ho ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories efektif menigkatkan efikasi diri akademik siswa SMA pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |