Penerapan strategi self-regulated learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) / Dinny Budiavianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi self-regulated learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) / Dinny Budiavianti

Budiavianti, Dinny (2013) Penerapan strategi self-regulated learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) / Dinny Budiavianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Strategi Self-Regulated Learning hasil belajar. Self-regulated learning atau pengaturan diri dalam belajar memiliki peranan penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar terutama dalam menentukan keberhasilan proses belajar karena dalam pengaturan diri (SRL) mereka mampu mengatur dan mengarahkan dirinya sendiri mampu menyesuaikan dan mengendalikan diri terutama bila menghadapi tugas-tugas belajar yang sulit. Perilaku ini dapat dikembangkan pada siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran pada tanggal 19-27 September 2012 pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Kristen Petra Malang siswa menunjukkan perilaku SRL yang rendah seperti kurang aktif berpartisipasi dalam proses belajar di kelas tidak memperhatikan dan tidak menjawab pertanyaan guru yang diajukan melakukan kegiatan diluar kegiatan belajar seperti menggambar bicara dengan teman tidak menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan tuntas hasil belajar tidak optimal tidak mencatat kegiatan belajarnya dan prestasi belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun. Peneliti juga mengamati kinerja guru diantaranya mengajukan beberapa arahan yang ambigu dan membingungkan siswa sibuk mengerjakan perangkat kelas jarang beranjak dari kursi untuk memperhatikan pekerjaan siswa sehingga diperlukan tindakan untuk menangani masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi SRL untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis Taggart dengan menerapkan 14 strategi SRL dalam rancangan pembelajaran dalam 2 siklus 8 pertemuan. Analisis data dilakukan pada waktu data terkumpul dengan mendeskripsikan temuan-temuan kinerja guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi SRL meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil itu terlihat dengan adanya perubahan perilaku siswa diantaranya belajar dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang ada terdorong untuk berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri mampu mengatur lingkungan belajarnya. Saran Penelitian yaitu (1) untuk guru penerapan strategi SRL dalam rancangan pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada perubahan perilaku siswa mengatur diri dalam belajarnya guru kelas perlu mengembangkan diri dengan pengetahuan metode pembelajaran dari berbagai sumber dan (2) untuk peneliti selanjutnya perlu ditindak lanjuti dengan penelitian serupa yang lebih mendalam dengan menggunakan suatu pendekatan model pembelajaran tertentu baik dari tahapannya maupun jumlah pertemuan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 04:29
Last Modified: 14 Oct 2019 03:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56690

Actions (login required)

View Item View Item