Guru dari Rusia - Repositori Universitas Negeri Malang

Guru dari Rusia

Zahro', Azizatuz and Nurjannah, Andhika Afifah (2021) Guru dari Rusia. CV . Beta Aksara. ISBN 978-623-354-157-2

[img] Text
fullteks.pdf

Download (1MB)

Abstract

"Toleransi harus ditumbuhkembangkan sejak dini. Salah satu upaya pengembangan nilai toleransi tersebut adalah dengan media cerita. Cerita dapat disebut sebagai media yang potensial untuk berb- agai kepentingan, termasuk menanamkan nilai toleransi pada anak. Nilai toleransi dalam cerita dapat ditanamkan pada anak melalui peng- hayatan terhadap makna dan maksud cerita (meaning and intention of story). Melalui penikmatan terhadap cerita, Anak melakukan serang- kaian kegiatan kognisi dan afeksi, mulai dari interpretasi, komprehensi, hingga inferensi terhadap nilai-nilai di dalamnya sehingga transmisi budaya terjadi secara alamiah, bawah sadar, dan akumulatif hingga jalin-menjalin membentuk kepribadian anak. Cerita Guru dari Rusia dirancang sebagai cerita anak bermuatan nilai toleransi. Cerita dikembangkan dengan cara menjadikan toleransi sebagai tema dan pesan cerita. Tema tersebut dibawa oleh tokoh-tokoh dan dikembangkan melalui unsur-unsur instrinsik yang lain. Dengan demikian, cerita ini bukan hanya menyajikan hiburan, namun juga menumbuhkan kepekaan anak akan keragaman. Anak dihadapkan pada cerita dengan tokoh yang memiliki beragama latar belakang suku, agama, ekonomi, dan sosial. Selain itu, anak dihadapkan pada realitas global, realitas yang menunjukkan batas antara satu bangsa dan bangsa lain semakin dekat. Cerita ini merupakan bagian dari produk penelitian yang didanai oleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Universitas Negeri Malang (UM). Oleh karena itu, penghargaan setinggi-tingginya untuk UM dengan harapan semoga UM menjadi PT yang semakin unggul dan berperan besar dalam pembangunan."

Item Type: Book
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Karya Dosen FS
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:49
Last Modified: 09 Sep 2025 06:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5669

Actions (login required)

View Item View Item