Keefektifan bantuan teman sebaya dengan cognitif behavioral stress managemen (CBSM) siswa Madrasa Aliyah / Khoirul bariyyah o - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bantuan teman sebaya dengan cognitif behavioral stress managemen (CBSM) siswa Madrasa Aliyah / Khoirul bariyyah o

Bariyyah, Khairul (2013) Keefektifan bantuan teman sebaya dengan cognitif behavioral stress managemen (CBSM) siswa Madrasa Aliyah / Khoirul bariyyah o. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Bantuan Teman Sebaya Cognitive-Behavioral Stres Management (CBSM) Stres Akademik. Stres akademik merupakan respon siswa terhadap berbagai tuntutan akademik meliputi (1) tuntutan untuk naik kelas (2) menyelesaikan banyak tugas (3) mendapat nilai ulangan yang tinggi (4) keputusan menentukan jurusan (6) kecemasan menghadapi ujian dan (5) tuntutan untuk dapat mengelola waktu belajar. Ketika mengalami masalah sebagian besar siswa lebih sering membicarakan masalah mereka dengan teman sebaya daripada bercerita kepada orang tua konselor atau guru di sekolah termasuk ketika mereka mengalami stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bantuan teman sebaya dengan cognitive behavioral stres management (CBSM) untuk menurunkan stres akademik siswa Madrasah Aliyah baik secara kelompok maupun individu. Penelitian menggunakan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subyek penelitian siswa kelas XI MAN 3 yang menunjukkan gejala stres akademik tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala stres akademik lembar refleksi diri skala keterampilan CBSM pedoman observasi dan lembar tugas siswa. Data dianalisis dengan teknik visual grafis dan Wilcoxon Matched Pairs Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan (1) bantuan teman sebaya dengan Cognitive-Behavioral Stres Management (CBSM) efektif untuk menurunkan stres akademik siswa Madrasah Aliyah secara kelompok (2) bantuan teman sebaya dengan Cognitive-Behavioral Stres Management (CBSM) efektif untuk menurunkan stres akademik siswa Madrasah Aliyah secara individu. Saran (1) untuk konselor perlu memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi teman sebaya yang membantu (2) pihak madrasah agar menyediakan fasilitas yang memadai sehingga pelayanan yang diberikan oleh teman sebaya dapat berjalan optimal serta hendaknya menerapkan strategi pembelajaran tambahan untuk mata pelajaran matematika kimia fisika dan bahasa arab guna membantu siswa mengurangi tingkat stres akademik terhadap mata pelajaran tersebut dan (3) bagi peneliti lanjut agar dapat lebih memperdalam dam memperluas topik penelitian untuk mambantu permasalahan siswa lainnya tidak terbatas stres akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56689

Actions (login required)

View Item View Item