Kusumo, Hariadi (2012) Karakteristik pribadi konselor Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kota Malang (studi pada konselor/guru-guru BK SMA Negeri Kota Malang) / Hariadi Kusumo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Karakteristik Pribadi konselor jenis kelamin dan masa kerja. Karakteristik pribadi konselor memainkkan peranan penting dalam keberhasilan konseling. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana karakteristik pribadi konselor dan (2) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan karakteristik pribadi konselor ditinjau dari jenis kelamin dan masa kerja. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru-guru BK di SMA N sekota Malang yang berlatar belakang pendidikan program studi BK dan berjumlah 42 Orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner karakteristik pribadi konselor (KKPK) yang memiliki reliabilitas 0 797.Tehnik analisis data adalah analisis deskriptif dan uji t. Proses pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS for Windows Release 101.16. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 1) karakteristik pribadi konselor/guru-guru BK SMA Negeri kota Malang (1) stabilitas emosi berada pada tingkatan sangat stabil (2) empati dan perhatiannya sangat tinggi (3) penghargaan dirinya sangat tinggi (4) pengungkapan dirinya sangat tinggi (5) sikap tidak menghakiminya sangat tinggi dan (6) toleransi terhadap ambiguitasnya tinggi 2) tidak terdapat perbedaan karakteristik pribadi antara konselor yang berjenis kelamin laki-laki dengan konselor yang berjenis kelamin perempuan (p 0 05) 3) tidak terdapat perbedaan karakteristik pribadi konselor yang memiliki masa kerja 8804 10 tahun dengan konselor yang memiliki masa kerja 10 tahun ( p 0 05). Saran (1) Bagi Dinas Pendidikan kota Malang hendaknya berupaya meningkatkan karakteristik pribadi konselor dengan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan karakteristik pribadi. (2) Bagi LPTK (program studi BK) hendaknya mempersyaratkan karakteristik pribadi sebagai potensi awal yang harus dipertimbangkan dalam proses rekrutmen mahasiswa baru calon konselor. (3) Bagi peneliti lanjut hendaknya dalam penelitian semacam ini menggunakan instrumen lebih dari satu macam sehingga data yang dihasilkan akan lebih meyakinkan dengan demikian akan dapat dijadikan bahan konfirmasi hasil penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56630 |
Actions (login required)
View Item |