Merdeka belajar: konsep, kebijakan, dan praktik berdasarkan “Sense Making Perspective” kognisi guru - Repositori Universitas Negeri Malang

Merdeka belajar: konsep, kebijakan, dan praktik berdasarkan “Sense Making Perspective” kognisi guru

Zahro', Azizatuz and Ulfatin, Nurul (2022) Merdeka belajar: konsep, kebijakan, dan praktik berdasarkan “Sense Making Perspective” kognisi guru. Media Nusa Creative, Bukit Cemara Tidar H5 No. 34, Malang. ISBN 978-602-462-838-3

[img] Text
fullteks.pdf

Download (760kB)

Abstract

Buku monograf ini merupakan bagian dari luaran penelitian berjudul “Menjembatani Kognisi Kepala Sekolah dan Guru Berbasis Sense-Making Perspective terhadap Kebutuhan Siswa untuk Memfasilitasi Merdeka Belajar” yang didukung pendanaan dari DRPM Dikti Kemenristek tahun 2021. Penelitian ini menjadi tahapan awal dari rangkaian hibah Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi tahun jamak untuk tiga tahun ke depan. Buku ini penting dibaca oleh para peneliti, pembuat kebijakan (pemerintah), pemimpin sekolah, serta guru agar memahami bahwa sekolah merupakan organisasi yang sangat kompleks. Sebuah gagasan atau kebijakan baru tidak selalu dapat dipahami, diterima, atau dilaksanakan secara cepat dan tepat di sekolah. Bahkan, kebijakan tertentu dapat menimbulkan kebingungan, melemahkan semangat, dan membuat guru enggan bergerak dari zona nyamannya. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mendalam tentang sense-making perspective untuk membaca keragaman respons guru. Dalam penulisan buku ini, peneliti melakukan kajian literatur yang mendalam serta pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data kualitatif dilaksanakan di sembilan sekolah pada tiga provinsi, yaitu Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Aceh. Penelitian kualitatif dengan perspektif sense-making menuntut kehadiran intensif peneliti di lapangan. Namun, proses pengumpulan data bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak peneliti dalam memperoleh informasi. Meski menghadapi keterbatasan, penelitian ini tetap diselesaikan dengan usaha maksimal. Hanya saja, hasilnya membutuhkan waktu lebih panjang dari rencana awal, sehingga luaran berupa buku ini belum sepenuhnya sempurna dan masih memerlukan penyempurnaan di tahap selanjutnya. Kata kunci: Merdeka Belajar, Sense-Making, Kebijakan Pendidikan

Item Type: Book
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Karya Dosen FS
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:48
Last Modified: 27 Aug 2025 01:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item