Ummah, Athik Hidayatul (2012) Efektivitas konseling ringkas berpusat solusi untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Athik Hidayatul Ummah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci efikasi diri akademik konseling ringkas berpusat solusi efektivitas. Efikasi diri akademik sangat mempengaruhi siswa dalam menghadapi tugas/tantangan yang sulit. Siswa yang mempunyai efikasi diri akademik tinggi mempunyai keyakinan tinggi bahwa dia mampu melaksanakan tugas-tugas akademik dengan baik. Namun jika efikasi diri akademik rendah siswa cenderung menghindari pelajaran yang tidak disukai mudah menyerah tidak bisa bangkit ketika mengalami kegagalan dan rendahnya prestasi. Konseling ringkas berpusat solusi bermanfaat untuk meningkatkan efikasi diri akademik karena mengajarkan individu menangani secara efektif situasi sulit melalui wicara diri positif ke dalam kognisi sehingga berefek positif pada perilaku yang muncul. Tujuan penelitian yaitu mengetahui efektivitas konseling ringkas berpusat solusi untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMP. Desain penelitian yaitu pre-test middle-test and post-test control group desain. Metode analisis yang digunakan yaitu uji Two-Independent-Sample Test- Mann-Withney U untuk membandingkan dua buah sampel yang bebas berasal dari populasi yang sama untuk melihat signifikansi perbedaan efikasi diri akademik konseli sebelum pertengahan dan sesudah diberikan intervensi. Selain itu juga menggunakan analisis percakapan untuk menganalisis perubahan wicara diri selama proses intervensi. Berdasarkan hasil analisis statistik nilai statistik uji Z yang kecil yaitu - 2.611 dan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0 009 0 05 artinya konseling ringkas berpusat solusi mempunyai efek perubahan untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa SMP. Hasil analisis percakapan menunjukkan bahwa pernyataan/ungkapan konseli yang awalnya menunjukkan efikasi diri akademik rendah berubah menjadi ungkapan efikasi diri akademik tinggi. Teknik pertanyaan keajaiban pertanyaan skala pertanyaan pengecualian memberikan kontribusi untuk mempermudah konseli membuat solusi. Konseli semakin menyadari akan kemampuan dirinya untuk menemukan solusi-solusi baru. Saran penelitian yaitu (1) untuk konselor konseling ringkas berpusat solusi dapat digunakan oleh konselor sekolah karena sifatnya praktis dan efektif konselor sekolah perlu mengembangkan diri dengan pengetahuan teoritik dan praktek konseling melalui workshop dan (2) untuk peneliti selanjutnya perlu ditindaklanjuti dengan penelitian serupa yang lebih mendalam baik dari tahaptahapannya maupun jumlah sesi/pertemuan perlu dilakukan analisis lebih rinci apakah perubahan yang terjadi memang karena teknik-teknik konseling yang dilakukan atau karena ada faktor lain dan proses konseling perlu direkam melalui video untuk menyelami sikap dan perilaku non-verbal konseli.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56579 |
Actions (login required)
View Item |