Alia, Neily Muvida (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran sistem pernapasan manusia dan hewan kelas V semester 1 tahun ajaran 2014/2015 di SDN Bandaran 2 Kota Pamekasan / Neily Muvida Alia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alia Neily Muvida. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan Tahun Pelajaran 2014/2015 di SDN Bandaran 2 Kota Pamekasan. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd. (II) Saidah Ulfa S.T. M.Edu Ph. D Kata Kunci Pengembangan Multimedia IPA Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan Multimedia pembelajaran merupakan kombinasi dua unsur media atau lebih seperti teks audio animasi dan video yang dalam penggunaannya dapat dikontrol secara interaktif guna mencapai tujuan pembelajaran. Multimedia pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dengan berbagai macam gaya belajar untuk memahami materi. Dari hasil wawancara dan observasi awal di SDN Bandaran 2 Pamekasan diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak digunakan dan menguji keefektifitasannya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan kelas V semester 1 di SDN Bandaran 2 Kota Pamekasan . Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall (dalam Sugiyono 2011) langkah-langkah pengembangan nya adalah potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain ujicoba produk revisi produk 1 ujicoba pemakaian revisi produk 2 produksi massal. Subyek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas V SDN Bandaran 2 Kota Pamekasan. Multimedia pembelajaran ini telah divalidasikan pada ahli media dengan memperoleh persentase 83 75% dengan kategori valid ahli materi memperoleh persentase 86 25% dengan kategori valid dan hasil uji coba pada siswa memperoleh persentase 87 65%. Selain itu untuk tes hasil belajar kelompok kecil (75%) memenuhi KKM dan uji lapangan (100%) memenuhi KKM. Dengan demikian multimedia ini bisa dikatakan cukup valid/layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran Multimedia pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terutama untuk materi sistem pernapasan hewan dan manusia. Dalam pengembangannya diharapkan multimedia pembelajaran dapat digunakan sebagai sumber belajar mengingat multimedia pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |