Efektivitas teknik stop and think untuk menurunkan perilaku off task dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar / Harmiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas teknik stop and think untuk menurunkan perilaku off task dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar / Harmiyanto

Harmiyanto (2012) Efektivitas teknik stop and think untuk menurunkan perilaku off task dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar / Harmiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci teknik stop and think perilaku off task Salah satu bentuk gangguan perilaku yang banyak dialami oleh siswa sekolah dasar adalah perilaku Off Task. Perilaku Off Task adalah tingkah laku siswa yang ke luar dari konteks kegiatan pembelajaran yang relatif konstan dan mengganggu proses belajar siswa. Secara behavioral anak sangat sulit untuk tetap berperilaku on-task sedangkan secara kognitif siswa melakukan sesuatu tanpa dipikirkan. Stop and Think merupakan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas terutama untuk mata pelajaran matematika dengan menggunakan empat langkah.yaitu (1) apa masalahnya (definisi tugas) (2) apa yang dapat saya lakukan terhadap masalah ini (menemukan alternatif) (3) apa hal terbaik yang dapat saya lakukan (melakukan seleksi terhadap anternatif terbaik) (4) bagaimana hasilnya (evaluasi). Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas teknik stop and think untuk menurunkan perilaku off task dalam pembelajaran matematika di SD ditinjau dari segi frekuensi dan durasi. Hasil penelitian dinyatakan efektif bila mampu mereduksi perilaku off task lebih dari 50%. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu dan menggunakan rancangan eksperimen kasus tunggal. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas 3 SD Negeri Sumbersari 2 Malang yang didasarkan pada hasil wawancara dengan kepala sekolah wali kelas dan pengamatan yang dilakukan selama 6 hari. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik untuk subjek 1 subjek 2 dan subjek 3 perilaku off task dapat tereduksi lebih dari 50%. Untuk subjek 1 frekuensi tereduksi 80 78 % dan durasi tereduksi 88 49% subjek 2 frekuensi tereduksi 76 32% dan durasi tereduksi 86 36% subjek 3 frekuensi tereduksi 78 11% dan durasi tereduksi 83 33%. Dengan demikian teknik stop and think efektif untuk menurunkan perilaku off task dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar Berdasar hasil temuan disarankan (1) guru SD perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan teknik stop and think yang telah terbukti efektif untuk menurunkan perilaku off task dalam pembelajaran matematika di SD (2) peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan teknik pembelajaran yang lain seperti stop the clock stop and beat dan sebagainya sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensip (4) peneliti selanjutnya diharapkan mengem-bangkan desain penelitian yang ada misalnya dengan A-B-A-B atau A-B-A-B-C. Dengan demikian diperlukan adanya desain atau strategi paska baseline II dan fase pemeliharaan perilaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56480

Actions (login required)

View Item View Item