Fatchurahman, M. (2012) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran emosi bagi siswa SMP / M. Fatchurahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan panduan pelatihan kesadaran emosi. Masa remaja juga dikenal sebagai masa dengan badai dan tekanan (storm and stress) di mana terjadi pergolakan emosi sehingga menyebabkan labilnya emosi remaja. Keadaan tersebut dipengaruhi beberapa faktor diantaranya perubahan hormonal. Karena itu remaja perlu mengenal dan memahami emosi yang terjadi pada dirinya. Sebagai upaya untuk mengenal dan memahami emosi siswa adalah melatihkan kesadaran emosi. Untuk melatihkan kesadaran emosi maka diperlukan panduan pelatihan kesadaran emosi. Panduan tersebut dikembangkan sebagai bekal bagi konselor dalam membantu siswa mengembangkan pengetahuan dan melatih kesadaran emosi siswa. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan panduan pelatihan kesadaran emosi yang memenuhi kriteria akseptabilitas dan (2) menghasilkan panduan pelatihan yang efektif meningkatkan kesadaran emosi siswa SMP. Konstruk teori kesadaran emosi yang digunakan dari Goleman. Pengembangan panduan diadaptasi dari prosedur Borg Gall (1983) yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu (1) tahap prapengembangan adalah melakukan need assesment dan studi literatur (2) tahap pengembangan adalah menyusun draf panduan merumuskan tujuan umum tujuan khusus mengembangkan alat evaluasi serta menentukan strategi pelatihan (3) tahap pascapengembangan terdiri dari uji ahli uji kelompok kecil (2 konselor) dan uji kelompok terbatas (8 siswa). Hasil analisis diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 66 dan besarnya nilai skor rata-rata posttest sebesar 87 5 sehingga terdapat perbedaan skor antara posttest dan pretest sebesar 21 5 atau terjadi peningkatan sebesar 32 57%. Dari hasil uji statistik Wilcoxon diperoleh harga Z -2.521a dengan Asymp. Sig. 0 012 0 05 maka disimpulkan terjadi peningkatan dari kategori sedang menjadi tinggi. Hal ini berarti bahwa pelatihan kesadaran emosi dengan strategi emotion script learning efektif untuk meningkatkan kesadaran emosi. Disamping itu hasil uji ahli uji kelompok kecil dan uji kelompok terbatas terhadap pengembangan panduan pelatihan telah memenuhi kriteria akseptabilitas. Karena itu produk pengembangan ini dapat dijadikan sebagai salah satu media bimbingan bagi konselor untuk membantu siswa pada aspek pribadi-sosial khususnya dalam usaha membantu siswa dalam mencapai aspek kematangan emosi. Agar pelaksanaan pelatihan kesadaran emosi dapat mencapai hasil yang baik maka konselor perlu memiliki kompetensi teknis khususnya dalam memimpin sebuah kelompok serta mempertimbangkan faktor kepribadian dan latar belakang budaya tertentu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |