Pengembangan panduan konseling eksistensial untuk meningkatkan penerimaan diri siswa SMP / Tamrin Berutu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling eksistensial untuk meningkatkan penerimaan diri siswa SMP / Tamrin Berutu

Berutu, Tamrin (2012) Pengembangan panduan konseling eksistensial untuk meningkatkan penerimaan diri siswa SMP / Tamrin Berutu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono M.Pd (2) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A Kata kunci Pengembangan Panduan Konseling Eksistensial Penerimaan Diri Sekolah Menengah Pertama. Penelitian pengembangan ini terinspirasi oleh maraknya tindakan-tindakan remaja yang mencerminkan rendah penerimaan dirinya seperti perkelahian antar pelajar bunuh diri penyalahgunaan obat-obatan minuman keras (alkohol) seks bebas prestasi belajar di bawah kemampuan dan sebagainya. Hal ini diduga terjadi karena pembelajaran di sekolah lebih mengedepankan aspek kognitif dalam pendidikan. Karena itu siswa-siswi yang mengalami penerimaan diri rendah perlu mendapat layanan bimbingan untuk mengembangkan dirinya. Penerimaan diri sebagai kondisi yang mampu memahami dan mengevaluasi diri perlu dikembangkan sejak dini sehingga mereka dapat menyadari memahami dan mengevaluasi diri secara fisik sosial maupun mental-emosional. Oleh karena itu dalam meningkatkan penerimaan diri di bangku sekolah dibutuhkan kolaborasi konselor dan pihak-pihak sekolah. Rancangan penelitian ini menggunakan Research Development yang bertujuan untuk menghasilkan panduan konseling eksistensial yang teruji tepat dilakukan di SMP. Produk tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan pada lingkup sekolah sebagai salah satu sarana dalam membantu siswa SMP. Penelitian ini dilakukan selama 5 kali pertemuan sesuai dengan tahap-tahap yang terdapat dalam panduan dengan metode konseling eksistensial secara individual. Selama penelitian peneliti berkolaborasi dengan guru pengajar wali kelas dan konselor untuk menjadi observer pada setiap tahapan konseling. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK St.Yusuf 2 Malang dalam tahun pelajaran 2010/2011 mulai dari awal Februari 2011 sampai dengan Mei 2011. Dari hasil penilaian uji ahli uji kelompok kecil (konselor) disimpulkan bahwa panduan konseling eksistensial untuk meningkatkan penerimaan diri siswa SMP tepat dilakukan di SMP baik dari segi kelayakan kegunaan maupun ketepatannya. Sedangkan hasil uji panduan konseling eksistensial secara empirik melalui uji kelompok terbatas untuk membuktikan efektifitas konseling eksistensial menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan penerimaan diri rata-rata sebesar 24%. Efektifitas itu juga dibuktikan dari observasi yang menunjukkan telah terjadi peningkatan penerimaan diri siswa setelah menerima perlakuan berupa konseling eksistensial yang ditunjukkan dalam grafik. Sedangkan dengan menggunakan uji hipotesa menggunakan analisis percakapan dapat disimpulkan bahwa pernyataan atau tuturan konseli dari yang bersifat rendah penerimaan dirinya berubah menjadi tinggi penerimaan dirinya. Artinya pengembangan panduan konseling eksistensial efektif atau bermanfaat bagi siswa SMP untuk meningkatkan penerimaan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56431

Actions (login required)

View Item View Item