Keefektifan teknik cognitive restructuring untuk menurunkan negative automatic thoughts (NATs) pada siswa SMA / Muthmainnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik cognitive restructuring untuk menurunkan negative automatic thoughts (NATs) pada siswa SMA / Muthmainnah

Muthmainnah (2012) Keefektifan teknik cognitive restructuring untuk menurunkan negative automatic thoughts (NATs) pada siswa SMA / Muthmainnah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi (2) Dr. M. Ramli M.A Kata Kunci keefektifan cognitive restructuring negative automatic thoughts (NATs) Setiap individu memiliki automatic thought yang dapat mengarah pada negative automatic thoughts (NATs). NATs perlu diturunkan agar individu tidak terjebak pada pemalsuan pemikiran yang dapat menghambat kebahagiaan hidup. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan cognitive restructuring untuk menurunkan NATs. Cognitive Restructuring membentuk ulang pola-pola kognitif asumsi-asumsi keyakinan-keyakinan dan penilaian yang irasional merusak dan mengalahkan diri (self-defeating). Terapis/konselor membantu untuk mengubah distorsi-distorsi kognitif dengan menguji ulang keyakinan konseli dengan berbagai teknik persuasi verbal dan model hipotesis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki NATs tinggi berjumlah 6 orang. Hasil analisis uji Wilcoxon signed rank test menunjukkan bahwa nilai probabilitas ( 961 ) lebih kecil dari 945 artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan ada perbedaan yang signifikan pada konseli sebelum dan sesudah perlakuan. Konselor sekolah diharapkan dapat menggunakan teknik cognitive restructuring sebagai salah satu teknik untuk menurunkan NATs siswa di SMA I Bantul Yogyakarta. Para peneliti dan pengembang BK juga perlu menyelenggarakan penelitian pengembangan atau lanjutan melalui teknik-teknik konseling yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56429

Actions (login required)

View Item View Item