Efektivitas pelatihan self-management untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP / Nurul Qomariyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pelatihan self-management untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP / Nurul Qomariyah

Qomariyah, Nurul (2011) Efektivitas pelatihan self-management untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMP / Nurul Qomariyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Self-Management Motivasi berprestasi Motivasi berprestasi merupakan salah satu kondisi psikologis yang positif. Oleh karena itu perlu diperhatikan oleh setiap individu termasuk para siswa di sekolah. Proses belajar siswa yang dilandasi motivasi berprestasi yang rendah kurang menunjukkan hasil yang maksimal bagi siswa itu sendiri Namun jika dilakukan berdasarkan motivasi berprestasi yang tinggi maka siswa akan memperoleh hasil belajar yang maksimal atau menggembirakan. Berkaitan dengan hal motivasi berprestasi terdapat salah satu kondisi internal siswa yang dipandang berpengaruh terhadap tinggi-rendahnya motivasi berprestasi siswa yakni faktor self-management. self-management merupakan kemampuan individu mengelola diri untuk memenuhi harapan keinginan dan kebutuhannya. Siswa diharapkan mampu mengelola diri agar dapat memiliki motivasi berpretasi yang tinggi dalam proses belajarnya. Berkaitan dengan hal ini konselor dapat berperan memfasilitasi siswa agar dapat memilki motivasi berprestasi yang tinggi. Upaya peningkatan motivasi berprestasi para siswa dapat dilakukan antara lain melalui penerapan self-management. Dalam penelitian ini self-management merupakan salah satu faktor internal siswa yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Permasalahan penelitian ini yaitu apakah self-management efektif meningkatkan motivasi berprestasi siswa di sekolah Penelitian ini dilakukan berdasar pada hipotesis bahwa motivasi berprestasi siswa tinggi atau meningkat disebabkan oleh faktor Self-Management . Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas (X) Self-Management terdiri dari tiga sub variabel meliputi (a) Self-Monitoring atau pencatan diri secara rutin (b) Self-Instruction atau mengarahkan diri sendiri (c) Self-Reinforcement atau memberi reward pada diri sendiri dan variabel terikat (Y) Motivasi Berprestasi terdiri atas tiga sub variabel yakni (a) konsentrasi (b) Kerja keras dalam belajar dan (c) Menyukai Tantangan. Pengujian efektivitas Self-Management terhadap peningkatan Motivasi Berprestasi siswa berdasar pada rancangan penelitian eksperimen kasus tunggal atau Single Subject Design model A-B. Hal ini berarti terdapat dua kondisi atau fase penelitian yakni fase atau kondisi A baseline (tanpa perlakuan) dan fase B treatment (ada perlakuan). Observasi yang dilakukan pada fase A atau baseline selama tiga sesi menunjukkan adanya motivasi berprestasi yang rendah. Hal ini terlihat pada indikator rendah atau kurang pada unsur konsentrasi kerja keras dan menyukai tantangan. Berdasarkan kondisi tersebut diberikan treatment berupa penerapan Self-Mangement dengan tujuan membantu siswa untuk meningkatkan motivasi berprestasi dalam proses belajarnya di sekolah. Penerapan Self-Management berupa memfasiltasi siswa agar dapat melakukan pencatatan diri secara rutin (Self-Monitoring) mengarahkan diri (Self-Instruction) serta memberi reward pada diri sendiri (Self-Reinforcement) secara tepat dan benar. Treatment berupa penerapan Self-Management dilakukan selama 9 (Sembilan) sesi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56426

Actions (login required)

View Item View Item