Pengembangan panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya (cultural diversity awareness) berbantuan video bagi siswa sekolaj menengah pertama / Silvianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya (cultural diversity awareness) berbantuan video bagi siswa sekolaj menengah pertama / Silvianingsih

Silvianingsih (2011) Pengembangan panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya (cultural diversity awareness) berbantuan video bagi siswa sekolaj menengah pertama / Silvianingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Bimbingan Konseling. Program Pascasarjanan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata Kunci Kesadaran keragaman budaya panduan video. Diantara sebelas standar kompetensi kemandirian yang harus dicapai oleh peserta didik terdapat aspek kematangan hubungan dengan teman sebaya dan aspek menampilkan perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungan. Kedua aspek ini merupakan aspek perkembangan pribadi-sosial peserta didik yang mengarah pada perkembangan fungsi diri secara optimal. Kendala dalam perkembangan kedua aspek tersebut akan memunculkan berbagai permasalahan antara lain konflik dalam membina hubungan interpersonal dengan orang lain. Konflik interpersonal dapat disebabkan oleh kurangnya kesadaran akan keragaman budaya. Kesadaran akan keragaman budaya yang rendah akan memunculkan sikap-sikap yang dilandasi oleh prasangka dan stereotipe. Sementara kesadaran akan keragaman budaya yang tinggi akan memunculkan sikap menerima terbuka dan memahami perbedaan. Sebagai upaya preventif dan developmental berkenaan dengan kesadaran akan keragaman budaya maka peserta didik perlu dilatih untuk dapat bersikap menerima terbuka dan memahami perbedaan semenjak di bangku pendidikan menengah pertama. Berkenaan dengan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya yang dapat digunakan konselor sekolah sebagai bahan dan materi acuan dalam meningkatkan kesadaran akan keragaman budaya peserta didik. Penelitian pengembangan dilakukan dengan memodifikasi prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Buku panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya dikembangkan dengan melewati tiga tahap evaluasi formatif. Pada tahap pertama panduan yang telah disusun diuji oleh dua orang ahli untuk menilai kesahihan konseptual panduan. Pada tahap kedua dua orang konselor sebagai calon pengguna produk menilai kemudahan dan kepraktisan terapan panduan. Tahap evaluasi yang ketiga adalah uji efektifitas produk dalam kelompok kecil. Respons subjek penelitian sebagai dampak penerapan buku panduan diukur dengan teknik analisis single subject A-B-A dengan menggunakan instrumen perekaman data observasi. Buku panduan pelatihan yang dikembangkan menerapkan tahapan-tahapan dalam teknik videoterapi dengan menggunakan media audio-visual sebagai stimulan. Materi video dikembangkan sesuai dengan topik keragaman budaya yang akan dibahas. Setiap tayangan video merupakan potongan beberapa adegan film layar lebar dan rekaman video yang dilakukan oleh peneliti. Hasil-hasil yang diperoleh sebagai berikut pada tahap pertama para ahli menilai bahwa panduan yang disusun perlu untuk mendapatkan beberapa tambahan dan revisian terkait dengan kesesuaian isi hingga kemudian panduan yang dikembangkan memenuhi kriteria akseptabilitas panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya. Pada tahap evaluasi kedua konselor menilai bahwa panduan pelatihan yang dikembangkan perlu mendapatkan sedikit perbaikan terkait dengan kemudahan dan kepraktisan panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya siswa SMP. Hasil evaluasi pada tahap ketiga menunjukkan bahwa penerapan panduan pelatihan berbantuan video dapat meningkatkan kesadaran akan keragaman budaya siswa SMP. Hal tersebut menunjukkan bahwa panduan pelatihan kesadaran akan keragaman budaya efektif untuk membantu konselor sekolah memberikan pelayanan bimbingan dan konseling yang bersifat preventif dan developmental. Berdasarkan ketiga hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa panduan kesadaran akan keragaman budaya berbantuan video yang dikembangkan terbukti efektif untuk digunakan sebagai pedoman oleh konselor sekolah dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kesadaran akan keragaman budaya siswa. Dari penelitian tersebut maka disarankan agar 1) konselor sekolah menggunakan panduan kesadaran akan keragaman budaya berbantuan video untuk meningkatkan kesadaran akan keragaman budaya siswa SMP dan 2) untuk penelitian selanjutnya peneliti lain dapat mengujicobakan keefektifan penggunaan media video untuk meningkatkan kesadaran akan keragaman budaya siswa dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda misalnya control-experiment groups.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56425

Actions (login required)

View Item View Item