Pengembangan panduan pelatihan keterampilan peer helping bagi siswa SMP / Sinthian Susan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan keterampilan peer helping bagi siswa SMP / Sinthian Susan

Susan, Sinthian (2011) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan peer helping bagi siswa SMP / Sinthian Susan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dany M. Handarini M.A Pembimbing (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A Kata kunci panduan keterampilan peer helping Pelatihan peer helper bagi remaja dianggap penting dalam membantu kinerja konselor karena remaja pertama-tama akan menceritakan masalahnya sebelum mereka akan memutuskan untuk meminta bantuan orang dewasa. Ini adalah ciri khusus dari remaja dan pra-remaja. Lebih lanjut diakui bahwa beberapa siswa mencari teman sebayanya untuk menceritakan masalah karena mereka memiliki karakter memberikan bantuan secara natural. Pelatihan peer helper ini diadakan untuk memperhalus karakteristik pemberian bantuan secara natural yang dimiliki siswa tersebut dan membantu siswa memanfaatkan peer helper secara efektif dalam bimbingan konselor sekolah. Pengembangan panduan pelatihan peer helping ini menggunakan prosedur pengembangan kombinasi pengembangan Borg Gall dan Dick Carey yang terdiri atas tiga tahapan pengembangan yaitu prapengembangan pengembangan dan paska pengembangan. Kegiatan yang dilakukan dalam tahap prapengembangan adalah melakukan observasi sekolah yang dituju dan wawancara terhadap konselor sekolah. Dari hasil observasi dan wawancara diperoleh data bahwa siswa lebih suka menceritakan masalah kepada temannya sebelum menemui konselor dan jumlah konselor pada sekolah-sekolah menengah masih kurang sehingga belum dapat memantau perkembangan siswa secara maksimal. Hasil need assessment ini merupakan acuan bagi panduan yang telah dikembangkan. Tahap pengembangan merupakan tahap penyusunan draf panduan merumuskan tujuan umum tujuan khusus mengembangkan alat evaluasi dan menentukan strategi pelatihan. Tahap ini menghasilkan prototipe panduan pelatihan keterampilan peer helping berupa buku panduan untuk konselor dan buku panduan untuk siswa. Tahap pasca pengembangan yaitu tahap ujicoba prototipe produk oleh ahli dan konselor. Hasil penilaian ahli dan konselor menunjukkan bahwa panduan pelatihan keterampilan peer helping telah memenuhi kriteria akseptabilitas bila ditinjau dari aspek kegunaan kelayakan ketepatan dan kepatutan. Hal ini didasarkan pada penilaian ahli dan konselor bahwa panduan pelatihan keterampilan peer helping ini sangat berguna layak dan memiliki ketepatan dan kepatutan untuk dijadikan pedoman pelatihan keterampilan peer helping bagi konselor. Hasil analisis dari pengukuran yang diberikan kepada 9 orang siswa SMPN 4 Kota Malang menunjukkan bahwa ada peningkatan dari fase baseline ke fase treatment. Sebelum diberikan treatment subjek diobservasi sebanyak 3 kali tentang attending skill dan basic listening skill yang dimilikinya yang kemudian datanya dimasukkan ke dalam instrument penelitian. Hasil data fase baseline per komponen dari keterampilan peer helping yang diperoleh attending skill 39 8% dan basic listening skill 36 1% berada pada rentang 36 1% hingga 39 8% yang terletak pada posisi/kriteria keterampilan peer helping rendah dan mean level yang diperoleh adalah 37 95%. Hasil data fase treatment persentase per komponen keterampilan peer helpingsubjek yaitu attending skill 76 6% dan basic listening skill 81 9% berada pada rentang 76 6% hingga 81 9% dan mean level yang diperoleh adalah 79 25% yang terletak pada posisi/kriteria keterampilan peer helping tinggi. Peningkatan-peningkatan tersebut dianggap sebagai pengaruh dari pelatihan yang diikuti oleh 9 orang siswa tersebut. Dengan kata lain pelatihan keterampilan peer helping yang dirancang dalam panduan pelatihan keterampilan peer helping efektif untuk meningkatkan attending skill dan basic listening skill. Dari hasil uji coba menunjukkan bahwa panduan pelatihan keterampilan peer helping untuk siswa SMP ini layak untuk digunakan sebagai pedoman bagi konselor melaksanakan pelatihan keterampilan peer helping.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56421

Actions (login required)

View Item View Item