Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dikolaborasikan dengan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Sejarah Peradaban Indonesia kelas V Semester 2 SDN Lowokwaru IV Malang / Septiana Chrisma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dikolaborasikan dengan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Sejarah Peradaban Indonesia kelas V Semester 2 SDN Lowokwaru IV Malang / Septiana Chrisma Dewi

Dewi, Septiana Chrisma (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dikolaborasikan dengan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema Sejarah Peradaban Indonesia kelas V Semester 2 SDN Lowokwaru IV Malang / Septiana Chrisma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Septiana Chrisma. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Dikolaborasikan dengan Tebak Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Sejarah Peradaban Indonesia Kelas V Semester 2 SDN Lowokwaru IV Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Eka Pramono Adi SIP M.Si (2) Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif STAD Tebak Kata Berpikir Kritis Hasil Belajar. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang terlihat dari jarangnya siswa bertanya saat pembelajaran sedikitnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran guru yang mendominasi pembelajaran sedangkan pada kurikulum yang sedang diterapkan seharusnya menuntut siswalah yang mendominasi pembelajaran di dalam kelas. Tidak pernah juga diterapkan model pembelajaran yang inovatif sehingga membuat suasana belajar menjadi membosankan. Maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang sekaligus akan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas V SDN Lowokwaru IV Malang dengan Tema Bahasan Sejarah Peradaban Indonesia. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis dan Teggart dengan langkah-langkah penelitian yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif sedangkan pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpukan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikolaborasikan dengan Tebak Kata kamampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa meningkat. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya pula kemunculan indikator keterlaksanaan tindakan guru yang secara keseluruhan berhasil dan sesuai dengan RPP. Rata-rata ketercapaian tindakan guru pada siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 92 5%. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 58 59% dan siklus II mencapai 71 45%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 51 85% dan siklus II 77 11%. Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division yang dikolaborasikan dengan Tebak Kata dengan langkah-langkah guru menyajikan materi guru membagi kelompok guru memberikan lembar tugas kepada siswa mengadakan kuis menggunakan tebak kata dan guru memberikan penghargaan telah berjalan dengan Baik Sekali. Dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah yang sudah diterapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan bagi sekolah hendaknya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) yang Dikolaborasikan dengan Tebak Kata dapat menjadi bahan referensi sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mamajukan mutu pendidikan khususnya di SDN Lowokwaru IV Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item