Keefektifan penggunaan attributional retraining untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa / Titin Indah Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan attributional retraining untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa / Titin Indah Pratiwi

Pratiwi, Titin Indah (2011) Keefektifan penggunaan attributional retraining untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa / Titin Indah Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci atributional retraining gaya atribusi motivasi berprestasi treatment Motivasi berprestasi telah lama diakui sebagai variabel yang memainkan peran penting dalam mempengaruhi kinerja dan berbagai bentuk prestasi (achieve-ment) termasuk di dalamnya prestasi akademik. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan cara meningkatkan motivasi berprestasi siswa yaitu dengan cara membentuk atau mengubah keyakinan siswa tentang faktor penting yang lebih berperan dalam mempengaruhi keberhasilan dan/atau kegagalan. Se-mentara itu dalam bidang intervensi psikologis terdapat suatu teknik yang telah terbukti efektif untuk digunakan sebagai metode terapeutik guna membentuk atri-busi yang lebih mendorong motivasi berprestasi dan mengubah atribusi tidak adaptif menjadi adaptif yang disebut attributional retraining. Attributional re-training belum banyak dimanfaatkan khususnya untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan attributional retraining dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank test dan regresi linier sederhana. Studi dila-kukan terhadap 19 siswa kelas X yang memiliki skor rendah pada hasil inventory motivasi berprestasi dan atribusi. Ke 19 siswa kemudian ditreatment dengan kon-seling kelompok Atributional Retraining yang mengadopsi metode pendekatan koseling kognitif perilaku. Hasil treatment attributional retraining menunjukkan bahwa terjadi pe-ningkatan motivasi berprestasi siswa dan gaya atribusi siswa antara sebelum dan sesudah penerapan atributional retraining. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya atribusi mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi atau motivasi berprestasi seorang siswa ditentukan oleh gaya atribusi siswa tersebut. Treatment ini juga mampu mengubah gaya atribusi siswa yang lebih mengacu kepada faktor eksternal yang bersifat stabil dan faktor eks-ternal yang tidak stabil menjadi mengacu kepada faktor internal yang bersifat tidak stabil. Hal inilah yang akan membuat siswa berhasil dalam prestasi akade-miknya. Saran hasil penelitian ini adalah (i) konselor dapat menggunakan atributi-onal retraining untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa (ii) perlu adanya kelompok kontrol dalam penelitian lanjutan (iii) konselor perlu memahami kon-sep tentang keyakinan internal dan eksternal agar dapat melaksanakan treatment dengan tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56381

Actions (login required)

View Item View Item