Zebua, Elizama (2011) Paket pengembangan kecerdasan sosial siswa sekolah dasar melalui mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial / Elizama Zebua. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Marthen Pali M.Psi. (2) Dr. Triyono M.Pd Kata kunci pengembangan paket kecerdasan sosial Sekolah Dasar Penelitian pengembangan ini terinspirasi oleh maraknya tindak kekerasan yang terjadi di masyarakat baik di masyarakat umumnya maupun di masyarakat sekolah. Hal ini diduga disebabkan tipikal pembelajaran di sekolah yang cenderung mengedepankan aspek kognitif dan tanpa sadar telah mengabaikan aspek afektif dalam pendidikan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu upaya pemberdayaan kecerdasan sosial yang mampu mengembangkan pemahaman adaptasi dan tindakan bijaksana ketika berhadapan dengan orang lain. Sikap kecerdasan sosial tersebut adalah salah satu kemampuan dalam diri individu yang perlu dikembangkan sejak dini. Oleh karena itu dalam memberdayakan kecerdasan sosial ini melalui bangku pendidikan dibutuhkan upaya kolaborasi dengan guru mata pelajaran di sekolah. Mata pelajaran yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah Ilmu Pengetahuan Sosial. Rancangan penelitian ini menggunakan Research Development. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah paket pengembangan kecerdasan sosial melalui mata pelajaran IPS tepat diterapkan di SD. Penelitian ini dilakukan selama 8 (delapan) kali pertemuan dengan dua metode pendekatan yakni bermain peran dan bermain simulasi. Selama penelitian peneliti berkolaborasi dengan guru pengajar mata pelajaran IPS di mana guru pengajar mata pelajaran bertindak sebagai pelatih dan peneliti berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik Sang Timur Malang dalam tahun pelajaran 2010/2011 mulai dari tanggal 16 Agustus sampai dengan 5 Oktober 2010. Dari hasil penilain uji ahli dan uji kelompok kecil disimpulkan bahwa paket pengembangan kecerdasan sosial melalui mata pelajaran IPS tepat dilakukan di SD baik dari segi feasibility utility maupun accurasi-nya. Sedangkan hasil uji paket pengembangan kecerdasan sosial secara empirik melalui uji kelompok terbatas dari hasil observasi terhadap metode bermain peran dan bermain simulasi yang dihitung dengan Interrater Reliability pada metode Bermain Peran diperoleh sebesar rxx 0 791 (r tabel 0 632) sedangkan estimasi rata-rata reliabilitas sebasar r xx 0 582 dan Interrater Relialiability pada metode Bermain Simulasi diperoleh sebesar rxx 0 698 sedangkan estimasi rata-rata reliabilitas sebesar r xx 0 435. Artinya paket pengembangan kecerdasan sosial efektif atau bermanfaat bagi siswa SD untuk mengembangkan kecerdasan sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |