Wardah, Ani (2010) Pengembangan cerita bergambar untuk mengubah tingkah laku off-task siswa Sekolah dasar / Ani Wardah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Cerita Bergambar Sekolah Dasar Tingkah laku Off-task Tingkah laku off-task merupakan tingkah laku yang mengganggu kegiatan mengajar guru dan siswa belajar. Apabila tingkah laku off-task secara tetap dan terus menerus dilakukan oleh siswa maka hal tersebut dapat berimplikasi pada kegagalan akademiknya dan lebih lanjut akan mengakibatkan siswa dapat tinggal kelas. Banyaknya kasus siswa Sekolah Dasar (SD) yang melakukan tingkah laku off-task dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas mengharuskan guru untuk terampil dalam menangani permasalahan tingkah laku off-task siswa secara professional sistematis dan terencana. Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai upaya alternatif yang dapat membantu para guru dalam menangani permasalahan tingkah laku off-task siswa SD. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan cerita bergambar untuk mengubah tingkah laku off-task siswa yang dapat diterima dari aspek kegunaan kelayakan dan ketepatannya 2) mengetahui efektivitas penerapan cerita bergambar untuk mengubah tingkah laku off-task siswa SD berdasarkan hasil LKS diskusi kelompok dan tugas rumah dan 3) menghasilkan cerita bergambar untuk mengubah tingkah laku off-task siswa SD yang mendapat respon positif siswa dari segi kemenarikan menyenangkan dan antusias. Desain pengembangannya mengadaptasi model Borg Gall (1983). Prosedur pengembangan mencakup tiga kelompok tahapan yaitu tahap prapengembangan pengembangan dan pascapengembangan. Ketiga tahapan pengembangan tersebut mengikuti rangkaian langkah-langkah 1) melakukan need assessment 2) menetapkan prioritas 3) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus 4)menyusun model dan teknik 5) menyusun prototype cerita bergambar 6) mengembangkan alat evaluasi 7) penilaian awal/uji ahli dan revisi produk pasca uji ahli 8) uji coba kelompok pengguna (guru) dan revisi pasca uji kelompok pengguna 9) uji kelompok terbatas dan revisi produk pasca uji kelompok terbatas dan 10) produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini berupa materi untuk siswa dan buku panduan guru. Adapun topik yang ada dalam materi ini adalah 1) Berjalan-jalan di kelas ketika pelajaran berlangsung 2) Berbicara dengan teman ketika pelajaran berlangsung 3) Mengabaikan mengerjakan PR yang diberikan oleh guru 4) Menggoda teman ketika pelajaran berlangsung dan 5) Melempari teman dengan kertas ketika pelajaran berlangsung. Materi disusun dalam bentuk cerita bergambar menggunakan teori vicarious learning. Hasil penilaian ahli dan pengguna produk (guru) menunjukkan bahwa 1) materi cerita bergambar untuk siswa SD teruji keberterimaan pada aspek kegunaan kelayakan dan ketepatan dan 2) buku Panduan guru teruji keberterimaannya pada aspek kegunaan kelayakan dan ketepatan. Hasil penilaian LKS dari kelima topik sebesar 85 22% termasuk dalam kategori efektif. Hasil penilaian diskusi kelompok dari kelima topik sebesar 89 5% termasuk dalam kategori efektif. Hasil penilaian tugas rumah sebesar 80 29% termasuk kategori efektif. Hasil penilai kedua pengamat terhadap aspek kemenarikan menyenangkan dan antusias ialah siswa dalam mengikuti bimbingan adalah sangat 86 7% dan cukup 13 3% termasuk kategori sangat mendapat respon positif dari siswa. Hal ini menunjukkan cerita bergambar yang telah dihasilkan terbukti efektif setelah diterapkan pada siswa SD untuk mengubah tingkah laku off-task dan mendapat respon positif yang sangat baik dari siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |