Syarafuddin, Muhamad (2010) Hubungan lingkungan belajar, dukungan orang tua, motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA negeri di Kabupaten Lombok Timur / Muhamad Syarafuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muhamad Syarafuddin. 2010. Hubungan antara lingkungan belajar dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Tesis. Program studi Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutoyo Imam Utoyo M.Pd (II) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A Kata kunci lingkungan belajar dukungan orang tua motivasi belajar prestasi belajar Prestasi belajar yang tinggi merupakan kondisi yang diharapkan oleh setiap siswa. Namun dalam kenyataannya tidak semua siswa mampu memenuhi kondisi yang diharapkan tersebut. Hal ini disebabkan banyak faktor yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain lingkungan belajar dukungan orang tua motivasi belajar prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan lingkungan belajar dukungan orang tua motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. (2) Hubungan antara lingkungan belajar dukungan orangtua motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. (3) Sumbangan efektif lingkungan belajar dukungan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif penarikan anggota sampel dengan teknik purposive proporsional random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 228 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis korelasi analisis regresi linier multipl. Dengan taraf signifikansi 5% ( 61537 0 05). Temuan penelitian ini menyatakan hasil-hasil sebagai berikut (1) kecendrungan lingkungan belajar dukungan orang tua motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur tergolong Cukup Baik. (2) terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa (r 0 150) dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa (r 0 340) dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa (r 0 329). Sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap prestasi belajar secara berturut-turut adalah variabel lingkungan belajar mempengaruhi sebesar 12 2% dukungan orang tua berpengaruh 31 1% dan motivasi belajar sebesar 29 3%. (3) hasil analisa hubungan bersama-sama dengan variabel bebas terhadap variabel terikat prestasi belajar menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dukungan orang tua dan motivasi belajar. Sumbangan efektif semua variabel bebas lingkungan belajar dukungan orang tua dan motivasi belajar sebesar R 0 460 dan harga F 21 086. Sumbangan variabel bersama-sama sebesar 22 0%. Berdasarkan temuan di atas disarankan kepada (1) Guru BK/Konselor Sekolah SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur hendaknya terus mengupayakan perkembangan optimal siswa-siswa dengan terus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan terutama pencapaian prestasi belajarnya melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan segenap pihak meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan karena tuntutan kebutuhan siswa akan perkembangan optimal mereka khususnya peningkatan prestasi belajar akan terus meningkat. (2) kepala SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur sebagai penanggungjawab bimbingan dan konseling di sekolah kepala sekolah hendaknya memfasilitasi untuk terciptanya lingkungan belajar yang kondusif di sekolah dan meningkatkan motivasi belajar siswa hendaknya memfasilitasi untuk terus terbangunnya dukungan orangtua terhadap anak-anak mereka karena dukungan orangtua dengan kondisi-kondisi masing-masing mereka paling besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. (3) Kepada guru-guru bidang studi SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur diharapkan dapat saling membangun kerjasama dengan guru BK/konselor sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif ketika melakukan pembelajaran di kelas. Untuk peneliti yang akan datang disarankan memperluas sampel penelitian dan juga dalam merancang metode analisis untuk penelitian serupa sehingga dapat menggambarkan populasi siswa di SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur yang seutuhnya dan selengkap-lengkapnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |