Kemanjuran konseling dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika di SMPN 13 Malang / Nina Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemanjuran konseling dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika di SMPN 13 Malang / Nina Permatasari

Permatasari, Nina (2010) Kemanjuran konseling dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika di SMPN 13 Malang / Nina Permatasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemanjuran Konseling dengan Teknik Self-instruction Untuk Meningkatkan Self-efficacy Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 13 Malang Nina Permatasari Abstraksi Self-efficacy merupakan salah satu komponen yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa khususnya mata pelajaran matematika. Melalui teknik self-instruction konselor dapat membantu konseli meningkatkan self-efficacy dengan menguji ulang keyakinan siswa dengan teknik persuasi verbal dan aktivitas yang diberikan secara berulang-ulang sampai siswa mampu melakukannya untuk diri mereka sendiri. Penelitian ini adalah penelitian true eksperimental dengan pretest middle test postest control group design yang bertujuan untuk mengetahui kemanjuran teknik konseling self-instruction untuk meningkatkan self-efficacy siswa SMP pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan terhadap 32 siswa (16 kelompok eksperimen dan 16 kelompok kontrol) yang diambil secara acak dari populasi sebesar 294 siswa yang tersebar ke dalam 8 kelas paralel. Hasil penelitian menggunakan uji ANOVA yang menunjukkan (1) pada saat middle test cenderung lebih berpengaruh besar dalam meningkatkan self-efficacy siswa daripada saat post test (karena r square saat middle test (20.8%) saat post test (16.3%)) namun saat post test masih lebih berpengaruh nyata dalam meningkatkan skor self-efficacy siswa SMP daripada saat pre test. (2) pada perlakuan pretest middle test postest nilai F hitung 9 086 dengan P 0 003 945 0 05. Dengan kata lain ada perbedaan yang signifikan pada self-efficacy siswa SMP pada mata pelajaran matematika antara pada saat pretest middle test postest. Pada variabel kelompok kontrol dan eksperimen nilai F hitung 5 213 dengan P 0 007 945 0 05. Dengan kata lain ada perbedaan yang signifikan pada self-efficacy siswa SMP terkait mata pelajaran matematika antara kelompok kontrol dan eksperimen. Kata Kunci Kemanjuran Konseling Teknik Self-Instruction Self-Efficacy Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia belum memberikan hasil yang cukup menggembirakan. Data UNESCO (Kompas Juni 2007) menunjukkan peringkat dalam bidang matematika di Indonesia berada dideretan 34 dari 38 negara pada kawasan Asia-Pasifik. Begitu pula dengan hasil penelitian tim Programme of International Student Assesment (PISA) 2001 (dalam Kompas Juni 2007) menunjukkan Indonesia menempati peringkat ke-9 dari 41 negara pada kategori literatur matematika. Sementara itu Third Mathematics and Science Study (TMSS) lembaga yang mengukur hasil pendidikan di dunia melaporkan bahwa kemampuan matematika siswa SMP Indonesia saat ini

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56303

Actions (login required)

View Item View Item