Putra, Septian Nugraha (2015) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran ekstrakulikuler fotografi di SMA Muhammadiyah 1 Jombang / Septian Nugraha Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putra SeptianNugraha. 2015. Pengembangan Multimedia InteraktifPembelajaranEkstrakurikulerFotografi di SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd (II) EkaPramonoAdi S.IP. M.Si. Kata Kunci pengembangan multimedia interaktif ekstrakurikulerfotografi media pembelajaran. Pembelajaran di kelas dengan metode ceramah dapat membuat persepsi yang berbeda pada setiap daya tangkap siswa. Oleh karena itu siswa membutuhkan media untuk membantu mereka dalam memahami materi tersebut yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konsep yang abstrak ke bentuk yang konkrit. Media pembelajaran merupakan suatu perantara yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan (bahan pembelajaran) kepada siswa. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produkmultimedia interaktif yang valid sebagaisumberbelajar yang efektifpadaektrakurikulerfotografi di SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Lee W.W. Owens D.L. langkah-langkah pengembangan ini yaitu Analisis kebutuhan analisis awal-akhir desain pengembangandan implementasi evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu siswa ekstrakurikulerfotografi SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakaninstrumenangket. Instrumen yang digunakanuntukmengumpulkan data kualitatifdankuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil validasi materi mencapai 80% yang menyatakan bahwa multimedia interaktifvalid/layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar dikelas (2) hasil validasi media mencapai 98% yang menyatakan bahwa multimedia interaktif valid/layak digunakan dalam proses pembelajaran (3) hasil ujicoba siswaperseorangan mencapai 93% (4) danhasilujicobalapanganmencapai 90 5% dengankriteria valid/layakyang menyatakan bahwa media pembelajaran ini sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkanuraian di atas multimedia interaktifinidinyatakanefektif haliniterbuktidariskorteshasilbelajar. Jumlahsiswa yang memenuhi KKM 70 didapatkanprosentasesebesar 92 8% setelahmenggunakan multimedia interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/563 |
Actions (login required)
View Item |