Penggunaan rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkan percaya diri (Self-Confidence) siswa SMP Negeri 6 Malang (Studi Pra-Eksperimental) / Rumidhatus Sakdiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkan percaya diri (Self-Confidence) siswa SMP Negeri 6 Malang (Studi Pra-Eksperimental) / Rumidhatus Sakdiyah

Sakdiyah, Rumidhatus (2010) Penggunaan rational emotive behavior therapy (REBT) untuk meningkatkan percaya diri (Self-Confidence) siswa SMP Negeri 6 Malang (Studi Pra-Eksperimental) / Rumidhatus Sakdiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sakdiyah Rumidhatus 2009. Penggunaan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Percaya Diri (Self-Confidence) Siswa SMP Negeri 6 Malang (Studi Pra-Eksperimental). Tesis Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Marthen Pali M.Psi Pembimbing (II) Prof. Drs. Rosjidan MA. Kata Kunci Percaya Diri (Self-Confidence) Terapi REBT Teknik DIBS REBT merupakan salah satu pendekatan konseling yang berorientasi pada aspek kognitif. Siswa SMP Negeri 6 Malang yang mengalami percaya diri rendah perlu mendapat layanan konseling khususnya (kuratif) agar menjadi manusia yang memiliki kepribadian dengan aspek emosional yang matang dalam menghadapi masa remajanya yang penuh dengan konflik yang disebut dengan masa Strom Stress . Hal ini penting dilakukan penelitian guna memproses pembentukan kepercayaan diri dalam diri seseorang sejak dini dengan melibatkan semua pengalaman hidupnya sejak pertama kali ia berhubungan dengan orang lain (ibunya sendiri) sampai saat sekarang dia berada. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk menigkatkan percaya diri siswa SMP Negeri 6 Malang Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan teknik DIBS (Dispute Irrational Beliefs) untuk dapat meningkatkan percaya diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas terapi REBT dapat meningkatkan percaya diri siswa SMP Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan metode studi pra-eksperimental dengan rancangan the one-group pretest-postest design. Subyek penelitian diambil sampel sebanyak 10 orang dari siswa kelas VIII tahun ajaran 2008/2009 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan Skala Rasa Percaya Diri dalam bentuk skala Likert. Adapun materi perlakuan teknik DIBS ini terdiri dari empat tahap yaitu (1) Tahap I Membangun hubungan interpersonal (rapport) (2) Tahap II Empirical Disputing (3) Tahap III Logical Disputing dan (4) Tahap IV Pragmatical Disputing. Terjadi perubahan yang signifikan pada siswa antara sebelum diberi perlakuan dengan sesudah mendapat perlakuan teknik DIBS. Ini dapat terlihat dari hasil pretest dan posttest yang dilakukan siswa dimana siswa yang kategori percaya dirinya rendah dari 6 siswa (60%) berkurang menjadi 2 siswa (20%) kategori percaya diri sedang yang sebanyak 3 siswa (30%) meningkat menjadi 5 siswa (50%) dan kategori percaya diri tinggi sebanyak 1 siswa (10%) meningkat menjadi 3 siswa (30%). Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan tes analisis Wilcoxon. Hasilnya menunjukkan mean percaya diri sesudah terapi (1600) lebih besar dari mean percaya diri sebelum terapi (1417) sehingga terjadi perbedaan skor antara pretest dan posttest sebesar 183 atau terjadi peningkatan sebesar 153 03%. Hasil uji Z ternyata z hitung lebih besar dari z tabel (zhitung [ -2 599 ] ztabel -1 96 ) dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima pada taraf kesalahan 0 025. Kesimpulan terapi REBT efektif (berhasil) untuk meningkatkan percaya diri siswa yang rendah. Saran-saran (1) Untuk mengatasi masalah pribadi yang terjadi pada siswa khususnya rendahnya percaya diri maka pendekatan terapi REBT disarankan untuk digunakan oleh konselor karena praktis efektif dan terapi ini tidak terlalu menggunakan waktu yang relatif lama sehingga terapi ini dapat diterapkan dengan mudah pada siswa setingkat sekolah menengah (2) Konselor melalui pelatihan-pelatihan/workshop untuk menambah wawasan dan keterampilan konseling dalam mengefektifkan layanan konseling kepada siswa terutama layanan konseling yang bersifat prefentif dan kuratif terhadap masalah-masalah pribadi sosial khususnya percaya diri (3) Para teorisi dan pengembang dalam bidang bimbingan dan konseling perlu mengadakan penelitian dalam metode pengembangan atau tindakan lain untuk dapat mengujicobakan terapi konseling lain dalam konteks yang lebih beragam dan populasi yang lebih luas. ABSTRACT Sakdiyah Rumidhatus 2009. The Use of Rational Emotive Therapy (REBT) to Improve Self Confidence of Students at Public Senior High School 6 Malang (Pre-experimental Study). Thesis Study Program of Guidance and Counseling Postgraduate Program State University of Malang. Advisors (I) Dr. Marthen Pali M.Psi (II) Prof. Drs. Rosjidan MA. Key Words Self Confidence REBT Therapy DIBS Technique REBT is one of the counseling cognitive aspect-oriented approaches. Students at Public Senior High School 6 who suffer from loosing self confidence need a counseling service particularly curative so they will be people who have personality with the mature emotional aspect in facing their teenage period exposing a lot of problems which is called as Strom Stress . It requires a research in order to shape self confidence inside themselves early by involving their experiences since the first time they interacted with others (their own mothers) until the present time and where they are. The research problem is whether Rational Emotive Therapy (REBT) is effective to improve self confidence of students at Public Senior High School 6 Malang. In order to answer such question DIBS (Dispute Irrational beliefs) technique is used self confidence. The aim of this research is to find out the efficacy of REBT therapy to improve self confidence of students at Public Senior High School 6 Malang. It employs pre-experimental study method with the design of the one-group pretest-postest. The subject of study is taken by the sample consisting 10 students from eight grade batch 2008/2009 which is determined by purposive sampling technique. The research instrument is Self Confidence Scale in the form of Likert Scale. The treatment material of DIBS technique consists of (1) Stage I Building interpersonal relationship (rapport) (2) Stage II Empirical Disputing (3) Stage III Logical Disputing and (4) Stage IV Pragmatical Disputing. There is a significant change before and after receiving DIBS technique. It is seen in the result of students pretest and postest where 6 students who were categorized into having low self confidence (60%) lessen into 2 students (20%) 3 students who were categorized into having medium self confidence (30%) increase into 5 students (50%) and 1 student who was categorized into high self confidence (10%) increases into 3 students (20%). In order to test the hypothesis of the research Wilxcoxon analysis is used. The result shows that self confidence mean after the therapy (1600) is higher than before the therapy ((1417) so there is a score difference between pretest and posttest of 183 or there is an increase of 153.03%. The result of Z test shows that z test is higher than z table (ztest [-2.599] z table -1.96) therefore H0 is not supported and H1 is supported in the error level of 0.025. It is concluded that REBT therapy is effective (successful) to improve the low self confidence of students. The suggestions in this research are (1) In order to solve the personal problem faced by students particularly the low of self confidence REBT therapy should be used by counselors because it is practical effective but does not spend a lot of time so it can be implemented easily to students in the high school level (2) Counselors should join training/workshop to improve their counseling knowledge and skill in trying to make counseling service become effective for students particularly preventive and curative counseling service for social personal problems especially self confidence and (3) Theorists and developers of guidance and counseling field should conduct the research in the method of development or other actions to tryout other counseling therapies in the more various context and the wider population.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56240

Actions (login required)

View Item View Item