Pengembangan self regulated learning melalui mata pelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumbersari I Kota Malang / Witaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan self regulated learning melalui mata pelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumbersari I Kota Malang / Witaningsih

Witaningsih (2009) Pengembangan self regulated learning melalui mata pelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sumbersari I Kota Malang / Witaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor tersebut adalah faktor internal meliputi keadaan jasmani (kesehatan cacat tubuh kelelahan) keadaan psikologis (inteligensi perhatian bakat minat kesiapan) dan faktor eksternal seperti keadaan keluarga (cara orang tua mendidik suasana rumah keadaan ekonomi) lingkungan sekolah (metode mengajar kurikulum hubungan guru dan siswa hubungan siswa dengan siswa) keadaan masyarakat (teman bergaul kehidupan bermasyarakat mass media). Secara sistematik faktor-faktor tersebut saling berinteraksi dan pada gilirannya berpengaruh terhadap keberhasilan belajar. Berkenaan dengan itu sejak tahap pendidikan dasar siswa perlu menerapkan self regulated learning (SRL). SRL adalah kemampuan siswa mengatur diri dalam belajar. Kemampuan mengatur diri sendiri (SRL) pada mata pelajaran matematika merupakan upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas diri dalam belajar. Secara prinsipil SRL menempatkan pentingnya kemampuan seseorang untuk mengatur dan mengendalikan diri sendiri terutama bila menghadapi tugas belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan task analysis(TA) melalui matapelajaran matematika yang dapat mengembangkan SRL siswa (2) Adakah perubahan SRL pada masing-masing individu setelah dilakukan tindak pembelajaran matematika (3) Apakah terjadi peningkatan prestasi belajar akibat dari perubahan SRL siswa setelah dilakukan tindak pembelajaran matematika Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) Menemukan tindak pembelajaran yang dapat mengembangkan SRL pada siswa SD melalui mata pelajaran matematika (2) Mendeskripsikan perubahan SRL siswa pada mata pelajaran matematika setelah dilakukan task analysis dan experiential learning (3) Mengetahui peningkatan prestasi belajar akibat dari perubahan SRL siswa setelah dilakukan tindak pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus dengan subjek siswa kelas V SDN yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan ialah observasi wawancara angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian tindakan kelas ini ialah (1) ditemukannya seperangkat langkah tindak pembelajaran yang mampu meningkatkan SRL siswa yaitu (a) guru membuat task analyisis/ langkah-langkah pengerjaan soal untuk setiap tugas yang dilakukan siswa (b) guru mengajarkan task analysis/ langkah-langkah sesuai dengan skenario pembelajaran (c) guru menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas di kelas sesuai dengan task analysis (d) guru menyuruh siswa mengerjakan sendiri tugas sesuai dengan task analysis (e) guru menyuruh siswa mengoreksi kembali apakah langkah-langkah yang dilakukan sudah benar/sesuai dengan langkah yang diajarkan (f) guru memberikan pekerjaan rumah (PR) sesuai tugas individu (g) guru mengadakan wawancara kepada siswa yang mengalami kesulitan (2) pada akhir tindakan siklus I sudah menunjukan peningkatan SRL khususnya dalam evaluasi diri dan mengulang pelajaran tetapi masih ada beberapa siswa yang belum menunjukkan indikasi SRL-nya sehingga perlu ditindak lanjuti dengan perbaikan skenario pembelajaran pada siklus II. Dari hasil tindak pembelajaran pada siklus II ternyata pada akhir siklus II semua siswa sudah menunjukkan peningkatan SRL khususnya dalam evaluasi diri dan mengulang pelajaran dan (3) berdasarkan data hasil belajar siswa dengan telah diberikannya tindakan pembelajaran yang dirancang dengan strategi yang mendorong berkembangnya SRL siswa ternyata telah terjadi peningkatan prestasi siswa secara signifikan. Beberapa saran dapat dikemukakan sebagai berikut (1) Dalam setiap kegiatan pembelajaran di sekolah dasar hendaknya dapat dirancang task analysis (TA) dan experinetial learning (EL) yang mampu meningkatkan SRL siswa baik dari aspek evaluasi diri maupun mengulang pelajaran (2) Pihak sekolah dapat melakukan pengadaan panduan praktis program pengembangan SRL (khususnya pengembangan aspek evaluasi diri siswa) ke dalam rancangan pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran di Sekolah Dasar. Karena berkembangnya SRL siswa sejak di sekolah dasar khususnya dalam evaluasi diri akan bermanfaat bagi mereka untuk menghadapi tugas-tugas belajarnya tanpa banyak bergantung pada bantuan orang lain (3) Diharapkan dalam jangka pendek pengembangan SRL ke dalam rancangan tindak pembelajaran dapat diterapkan pada beberapa mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56144

Actions (login required)

View Item View Item