Penggunaan terapi Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengubah self-esteem rendah mahasiswa Stipak "Duta Harapan" Malang (Studi Pra-Experimental) / Obeth Rumabar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan terapi Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengubah self-esteem rendah mahasiswa Stipak "Duta Harapan" Malang (Studi Pra-Experimental) / Obeth Rumabar

Rumabar, Obeth (2010) Penggunaan terapi Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengubah self-esteem rendah mahasiswa Stipak "Duta Harapan" Malang (Studi Pra-Experimental) / Obeth Rumabar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suratman Bambang. 2009. Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Ketersediaan Sarana Prasarana Kapabilitas Mengajar Guru dan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Surabaya. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. (II) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd dan (III) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. Kata kunci kompetensi manajerial kekepalasekolahan sarana prasarana sekolah kapa-bilitas mengajar guru orang tua siswa prestasi siswa Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan tinggi rendahnya prestasi siswa sehingga kepala sekolah dituntut memiliki kemam-puan memimpin yang memadai agar mampu mengambil inisiatif meningkatkan kuali-tas sekolah. Prestasi siswa dipengaruhi oleh banyak faktor misalnya kompetensi manajerial kepala sekolah kapabilitas mengajar guru sarana prasarana dan faktor lainnya. Prestasi siswa SMPN di Surabaya beberapa tahun terakhir tidak masuk 10 besar Jawa Timur sehingga perlu diketahui penyebabnya. Tujuan pokok penelitian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana kontribusi variabel-variabel kompetensi manajerial kepala sekolah ketersediaan sarana dan prasarana dan kapabilitas mengajar guru dukungan orangtua dengan prestasi siswa SMPN di Surabaya. Ditinjau dari jenis data yang dikumpulkan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif termasuk penelitian survey karena mengumpulkan data yang luas dan banyak serta untuk mencari pembuktian. Juga termasuk penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Negeri yang bertugas di SMPN di kota Surabaya yang berjumlah 2016 orang guru. Sampel sebesar 322 orang guru dan pengambilannya secara proporsional sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner untuk menjaring keempat variabel yaitu (1) kompetensi manajerial kepala sekolah (2) ketersediaan sarana pra-sarana (3) kapabilitas mengajar guru (4) dukungan orang tua dan (5) untuk memperoleh data prestasi siswa SMPN di kota Surabaya dilakukan dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) kompetensi manajerial kepala sekolah Keterse-diaan sarana dan prasarana Kapabilitas mengajar guru Dukungan orang tua dan Prestasi belajar siswa secara umum berada dalam kategori sedang. (2) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan dukungan orang tua (3) ada hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kapabilitas mengajar guru (4) ada hubungan langsung yang signifikan antara ketersediaan sarana dan prasarana dengan kapabilitas mengajar guru (5) ada hubungan langsung yang signifikan antara dukungan i orang tua dengan kapabilitas mengajar guru (6) ada hubungan langsung yang signifikan antara kapabilitas mengajar guru dengan prestasi belajar siswa (7) ada hubungan langsung yang signifikan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar siswa (8) ada hubungan langsung yang signifikan antara ketersediaan sarana dan prasarana dengan prestasi belajar siswa (9) ada hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa (10) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan kapabilitas mengajar guru melalui dukungan orang tua (11) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui kapabilitas mengajar guru (12) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui dukungan orang tua (13) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara ketersediaan sarana dan prasarana dengan prestasi belajar siswa melalui kapabilitas mengajar guru. (14) Berdasarkan nilai kontribusi kumulasi dari keempat variabel bebas kompetensi manajerial kepala sekolah ketersediaan sarana dan prasarana kapabilitas mengajar guru dan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMPN Kota Surabaya sebesar R Square 0 938 atau sebesar 93 8% dan 6 2% lainnya dimungkinkan oleh sebab variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan temuan yang dikemukakan tersebut maka dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) Melihat keadaan dari kompetensi manajerial kepala sekolah ketersediaan sarana dan prasarana kapabilitas mengajar guru dukungan orang tua dan prestasi belajar siswa kesemuanya dalam kategori sedang penulis menyarankan kepada pihak SMP Negeri di Kota Surabaya untuk (a) meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah (b) meningkatkan dan memanfaatkan secara maksimal ketersediaan sarana dan prasarana (c) meningkatkan kapabilitas mengajar guru dengan mengikuti kegiatan pengembangan profesi misalnya training maupun pendidikan lanjut dan (d) meningkatkan dukungan orang tua melalui sikap-sikap tenggang rasa dan sambung rasa jalinan kerja sama dengan orang lain khususnya dengan orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya. (2). Dengan diterimanya semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini maka penulis menyarankan kepada beberapa pihak (a) Bagi Dinas Pendidikan untuk memprioritaskan pelatihan tentang kepemimpinan manajerial kepala sekolah memberikan izin dan bea siswa untuk studi lanjut. (b) Bagi Kepala Sekolah meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana dan pemanfaatannya sebaik-baiknya. (c) Bagi guru-guru disarankan untuk mengikuti studi lanjut mengikuti seminar dan sejenisnya. (d) Bagi peneliti lain diharapkan dijadikan pertimbangan dalam penelitian lainnya yang mempunyai sasaran sama dengan pendekatan secara parsial maupun secara komprehensif. (e) Bagi pengembang ilmu manajemen pendidikan agar dapat dijadikan acuan dalam pengembangan ilmu yag berkaitan dengan kompetensi manajerial kepala sekolah sarana prasarana sekolah dukungan orang tua kapabilitas mengajar guru maupun prestasi siswa dalam rangka pengembangan model.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56132

Actions (login required)

View Item View Item