Koesdyantho, Agustinus Roedy (2009) Pengembangan program bimbingan dan dan konseling di Universitas Slamet Riyadi Surakarta / Agustinus Roedy Koesdyantho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian pengembangan ini dikarenakan belum adanya program bimbingan di Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang dilaksanakan berdasarkan penilaian kebutuhan mahasiswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan naskah akademik Program bimbingan dan konseling dan buku panduan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang dirancang berdasarkan hasil penilaian kebutuhan mahasiswa. Secara prosedural langkah-langkah pengembangan program bimbingan dan konseling terbagai menjadi tiga tahap. Tahap pertama persiapan tahap kedua pengembangan dan tahap ketiga penilaian. Ketiga tahap itu meliputi langkah-langkah (1) melakukan penilaian kebutuhan dan menetapkan prioritas kebutuhan (2) merumuskan tujuan umum program (3) merumuskan tujuan khusus program (4) menyusun materi program (5) mengembangkan buku panduan pelaksanaan program (6) menyusun strategi evaluasi pelaksanaan program (7) penilaian produk dan (8) revisi produk. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 254 responden yang merupakan wakil dari enam fakultas dilingkungan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Teknik pengambilan sampel digunakan Stratified Proporsional Sampling. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil jawaban angket dengan teknik analisis deskriptif dengan cara mencari rerata hitung kemudian di prosentasekan untuk pilihan kebutuhan dalam butir angket. Untuk kategori kebutuhan diklasifikasikan dalam tiga kelompok intensitas dan dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi berkelas. Hasil penelitian pengembangan ini berupa dua jenis produk yaitu naskah akademik program bimbingan dan konseling dan buku panduan pelaksanaan program bimbingan yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan melalui prosedur pengembangan. Naskah akademik meliputi definisi rasional asumsi-asumsi kurikulum bimbingan perencanaan individual layanan responsif dan pendukung sistem. Buku panduan pelaksanaan program meliputi pendahuluan tujuan umum program tujuan khusus program strategi pelaksanaan program organisasi dan model bimbingan. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini ternyata naskah akademik program bimbingan dan konseling maupum pedoman pelaksanaannya dinyatakan layak baik dari aspek isi maupun rancangan programnya. Dinyatakan layak karena sudah di perbaiki berdasarkan saran catatan dari ahli bimbingan dan konseling maupun dari ahli rancangan program. Oleh karena itu produk pengembangan ini dipandang layak dan memenuhi syarat untuk dipakai sebagai dasar melaksanakan program bimbingan dan konseling di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Saran-saran setelah di hasilkan naskah akademik program bimbingan dan konseling dan buku panduan pelaksanaan program ada tiga hal yaitu (1) saran pemanfaatan dalam hal ini konselor harus menguasai topik-topik bimbingan khususnya yang sangat dibutuhkan mahasiswa harus ada sosialisasi naskah akademik dan panduan pelaksanaan program di lingkungan Universitas Slamet Riyadi Surakarta memanfaatkan fasilitas dan media bimbingan. (2) saran diseminasi produk pengembangan in dapat dimanfaatkan oleh pihak luar Universitas Slamet Riyadi dengan penyesuaian yang di pandang perlu dan disesuaikan dengan penilaian kebutuhan setempat. (3) saran pengembangan produk lanjutan bagi pengembang lebih lanjut dapat menambahkan obyek penilaian kebutuhan uji kelompok kecil dan kelompok besar serta pengembangan lebih luas dan mendalam terhadap topik-topik tertentu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/56121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |