Pengembangan paket bergambar dan penerapan model structure learning approach (SLA) untuk melatih keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Ni Wayan Suarniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bergambar dan penerapan model structure learning approach (SLA) untuk melatih keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Ni Wayan Suarniati

Suarniati, Ni Wayan (2009) Pengembangan paket bergambar dan penerapan model structure learning approach (SLA) untuk melatih keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Ni Wayan Suarniati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan paket pelatihan keterampilan sosial bergambar yang menarik sekaligus teruji keterterimaannya dalam aspek kegunaan kelayakan dan ketepatannya serta efektifitas penerapan SLA dalam pelatihan keterampilan sosial. Sehingga dapat dijadikan panduan oleh guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di Sekolah Dasar. Desain pengembangannya hasil adaptasi dari strategi penelitian dan pengembangan (Research and Devalopment) yg dikemukakan oleh Borg Gall (1983). Model pelatihannya menggunakan Structure Learning Approach (SLA) dengan teknik intervensi instruksi modelling role playing feedback dan transfer of training. Efektivitas SLA diketahui melalui penerapan desain uji pengguna yang menggunakan quasi eksperiment dengan katagori one group pre test-post test desaign. Oleh sebab itu instrumen yang digunakan adalah tes agket pedoman wawancara lembar observasi dan tugas rumah yang berupa pertanyaan terbuka. Teknik analisis datanya menggunakan teknik prosentase dengan kriteria yang ditetapkan oleh Cronbach (1990). Produk yang diasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah 1) Buku Panduan Guru yang teruji keterterimaannya. 2) Paket Pelatihan Keterampilan Sosial Bergambar untuk Siswa Sekolah Dasar yang menarik dan teruji keterterimaannya. 3) Penerapan SLA efektif untuk melatih keterampilan sosial siswa Sekolah Dasar khususnya pada keterampilan memberi salam keterampilan meminta bantuan keterampilan memahami petunjuk dan keterampilan meminta maaf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56111

Actions (login required)

View Item View Item