Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Srimulyo 05 Kecamatan Dampit / Sellvia Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Srimulyo 05 Kecamatan Dampit / Sellvia Kusuma Wardani

Wardani, Sellvia Kusuma (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Srimulyo 05 Kecamatan Dampit / Sellvia Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Sellvia Kusuma.2015.Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi dan Penggunaanya untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV di SDN Srimulyo 05 Kecamatan Dampit. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi SIP .M.Si. (II) Arafah Husna S.Pd. M.MedKom. Kata Kunci Kooperatif word square Hasil belajar. Word square merupakan Model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban. Mirip seperti mengisi Teka- Teki Silang. Bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf atau angka penyamar atau pengecoh.Model pembelajaran kooperatif Word Square merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok dan adanya uji pemahaman berupa permainan (game). Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe word square dan juga mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD pada pokok bahasan energi dan penggunaanya. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc Taggart yang berbentuk spiral selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari rencana pelaksanaan observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Srimulyo 05 Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Data yang diperoleh berupa tes akhir hasil belajar lembar observasi aktivitas guru hasil observasi dari proses pembelajaran siswa dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model word square pada mata pelajaran IPA di SDN Srimulyo 05 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. pada tahap pra tindakan ketuntasan hasil belajar masih rendah yaitu dari 11 siswa hanya 4 atau 36% siswa yang tuntas belajar sedangkan 7 atau 63% siswa tidak tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa sudah menunjukkan peningkatan yaitu dari 11 siswa 7 diantaranya atau 63% tuntas belajar dan 4 siswa atau 36% masih belum tuntas belajar. Pada siklus II hampir semua siswa tuntas belajar yaitu dari 11 siswa 10atau 90% siswa tuntas belajar dan 1 atau 10% siswa belum tuntas belajar. Sednagkan proses pembelajaran siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 73% dan pada siklus II yaitu 88%. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif word square dapat disimpulkan bahwa model pebelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan penggunaanya. Saran model pembelajaran kooperatif word square juga dapat dikembangkan lagi sebagai salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mendorong keaktifan peserta didik dalam belajar sehingga nantinya dapat memudahkan peserta didik dalam memahami dan mengingat pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item