Keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan academic hardiness mahasiswa / Zamroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan academic hardiness mahasiswa / Zamroni

Zamroni (2015) Keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan academic hardiness mahasiswa / Zamroni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zamroni. 2014. Keefektifan Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Mahasiswa. Tesis. Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. (II) Dr. Adi Atmoko M.Si. Keywords konseling kelompok realitas academic hardiness. Beban akademik yang banyak di perguruan tinggi cenderung dipersepsi secara negatif oleh mahasiswa yang memiliki academic hardiness rendah. Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang mampu meraih prestasi akademik secara optimal. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan academic hardiness mahasiswa. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 4 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan 1) prosedur konseling kelompok realitas yang memiliki validitas inter-rater agreement model sebesar 0 880 dan 2) skala yang memiliki validitas aitem 0 296 0 610 dan reliabilitas sebesar 0 914. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik non-parametrik Mann-Whitney U Test. Berdasarkan hasil uji statistik diketahui bahwa nilai z hitung -2 309 dengan nilai p 0 021 0 05 menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti konseling kelompok realitas efektif untuk meningkatkan academic hardiness mahasiswa. Kelompok eksperimen memiliki rerata skor lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi konselor perguruan tinggi hendaknya menggunakan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan academic hardiness mahasiswa. Bagi peneliti selanjutnya bisa menguji prosedur konseling kelompok realitas untuk meningkatkan variabel positif lainnya dalam membantu mahasiswa meraih prestasi akademik yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56068

Actions (login required)

View Item View Item