Permainan peran (role playing) untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak TK kelompok A di TK Harapan Makmur Grati - Pasuruan / Reytinta Istiqoma OKtavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan peran (role playing) untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak TK kelompok A di TK Harapan Makmur Grati - Pasuruan / Reytinta Istiqoma OKtavia

Oktavia, Reytinta Istiqoma (2018) Permainan peran (role playing) untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak TK kelompok A di TK Harapan Makmur Grati - Pasuruan / Reytinta Istiqoma OKtavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Oktavia Reytinta Istiqoma. 2018. Permainan Peran (Role Playing) Untuk meniingkatkan kemampuan Kognitif Anak TK Kelompok A di TK Harapan Makmur Grati Pasuruan. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed (II) Drs. H. Mohammad Bisri M.Si. Kata Kunci Kemampuan Kognitif Role Playing Kemampuan Kognitif merupakan suatu aktivitas mental yang berhubungan dengan persepsi pikiran ingatan serta pengolahan informasi yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan memecahkan masalah dan merencanakan masa depan/ semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu memperlajari memperhatikan mengamati membayangkan memperkirakan menilai dan memikirkan lingkungannya. Metode Role Playing adalah metode pembelajaran yang menekankan kenyataan dimana para siswa diikut sertakan dalam permainan peranan di dalam mengenali dan menerapkan salah satu objek yang dipilih untuk digunakan/ dipraktekkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan penerapan bermain peran role playing bersama siswa kelompok A di TK Harapan Makmur Grati Pasuruan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok A Tk Harapan Makmur berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Tindakan penelitian dilaksanakan pada bulan September 2017. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelompok A di TK Harapan Makmur Grati Pasuruan. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Perolehan rata-rata postes yang juga meningkat dari jumlah keberhasilan anak sebelumnya (2 anak sangat mampu) mengalami peningkatan pada siklus I yaitu (4 anak sangat mampu) dan meningkat pada siklus II dengan jumlah (7 anak sangat mampu). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metodr Role Playing telah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ii direncanakan dan mengalami peningkatan secara bertahap. Disarankan agar guru tidak hanya menggunakan majalah sebagai media penyampaian materi akan lebih baik apabila guru dapat melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan permainan/aktivitas nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56062

Actions (login required)

View Item View Item