Attachment anak terhadap guru di TK Wahid Hasyim Malang / Karinda Sari Ranoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Attachment anak terhadap guru di TK Wahid Hasyim Malang / Karinda Sari Ranoko

Ranoko, Karinda Sari (2016) Attachment anak terhadap guru di TK Wahid Hasyim Malang / Karinda Sari Ranoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ranoko Karinda Sari. 2015. Attachment Anak Terhadap Guru di TK Wahid Hasyim Malang. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudjiono S.Pd. M.Si. (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi. Kata kunci Attachment anak TK guru Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam mengenai attachment anak terhadap guru di TK Wahid Hasyim yang berlokasi di jalan MT. Haryono No. 165 Kota Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun yang proses pemilihannya berdasarkan observasi awal oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif umum dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpossive sampling. Teknik wawancara dan observasi digunakan untuk menyaring data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber informan terdekat dengan anak yakni guru dan orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attachment anak terhadap guru pada ketiga subjek dapat dimasukkan dalam kategori pola kelekatan emosional yang aman atau secure attachment. Alasan anak lekat dengan guru ialah karena guru selalu membantu dan menemani mereka. Faktor lainnya ialah karena anak merasa kurang waktu kebersamaan dengan orangtua mereka masing-masing di rumah sehingga anak lebih cenderung lekat dengan guru. Rekomendasi yang diberikan hendaknya guru selalu membangun hubungan yang sehat dan nyaman dengan anak-anak dengan cara menjadikan mereka nyaman di dekat guru. Jalinan hubungan tersebut hendaknya terjadi tidak hanya ketika sedang sakit takut atau marah akan tetapi dalam kondisi apapun. Jika mereka kesakitan takut atau marah dengan cara demikian anak menjadi riang ceria serta mudah mengikuti arahan dan saran guru. Orangtua diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak-anaknya sehingga mereka memiliki dan merasakan bentuk kelekatan yang aman pada orangtua dan keluarga lainnya. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56060

Actions (login required)

View Item View Item