Hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM / Yudha Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM / Yudha Permana

Permana, Yudha (2016) Hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM / Yudha Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permana Yudha. 2015. Hubungan antara Distress dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Akhir dalam Menyusun Skripsi Angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Fattah Hidayat S.Psi. S.E. M.Si (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim S.Psi. M.Psi. Kata Kunci Distress Prokrastinasi Akademik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM. Distress merupakan respon secara emosional kognitif dan fisiologis yang diakibatkan ketidakberhasilan dalam menghadapi stres yang bersifat merusak dan merugikan diri sendiri. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas akademik yang dilakukan berulang-ulang secara sengaja dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Penelitian ini menggunakan rancangan populatif deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah 76 mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pengambilan data penelitian menggunakan skala distress dan skala prokrastinasi akademik. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan skor T dan dianalisis dengan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan dalam dua variabel. Dengan hasil secara umum tingkat distress subjek penelitian berada pada kategori rendah yaitu dengan rincian dari tujuh puluh enam mahasiswa pada sampel penelitian terdapat tiga puluh dua mahasiswa mengalami tingkat distress tinggi dan empat puluh empat mahasiswa mengalami tingkat distress rendah. Secara umum tingkat prokrastinasi akademik subjek penelitian berada pada kategori rendah yaitu dengan rincian dari tujuh puluh enam mahasiswa terdapat tiga puluh tujuh mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik tinggi dan tiga puluh sembilan mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik rendah. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi sebesar 0 569 dengan Nilai Sig (0 000)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56058

Actions (login required)

View Item View Item