Hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM / Yudha Permana

Permana, Yudha (2016) Hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM / Yudha Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permana, Yudha. 2015. Hubungan antara Distress dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Akhir dalam Menyusun Skripsi Angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., S.E., M.Si, (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci: Distress, Prokrastinasi Akademik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi angkatan 2008-2011 Fakultas Pendidikan Psikologi UM. Distress merupakan respon secara emosional, kognitif, dan fisiologis yang diakibatkan ketidakberhasilan dalam menghadapi stres yang bersifat merusak dan merugikan diri sendiri. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas akademik yang dilakukan berulang-ulang secara sengaja dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Penelitian ini menggunakan rancangan populatif deskriptif korelasional. Subjek penelitian adalah 76 mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pengambilan data penelitian menggunakan skala distress dan skala prokrastinasi akademik. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan skor T dan dianalisis dengan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan dalam dua variabel. Dengan hasil secara umum tingkat distress subjek penelitian berada pada kategori rendah yaitu dengan rincian dari tujuh puluh enam mahasiswa pada sampel penelitian, terdapat tiga puluh dua mahasiswa mengalami tingkat distress tinggi dan empat puluh empat mahasiswa mengalami tingkat distress rendah. Secara umum tingkat prokrastinasi akademik subjek penelitian berada pada kategori rendah yaitu dengan rincian dari tujuh puluh enam mahasiswa terdapat tiga puluh tujuh mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik tinggi dan tiga puluh sembilan mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik rendah. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara distress dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi sebesar 0,569 dengan Nilai Sig (0,000)<&#945; Ho ditolak. Jadi hubungan kedua variabel adalah signifikan dengan kategori tingkat hubungan cukup kuat. Dengan demikian hipotesis diterima, artinya semakin tinggi distress pada mahasiswa akhir dalam menyusun skripsi maka akan semakin tinggi prokrastinasi akademik pada mahasiswa tersebut. Saran untuk mahasiswa yang sedang menyusun skripsi diharapkan tetap semangat dalam menyelesaikan skripsi yang sedang dikerjakan, walaupun banyak tekanan dalam pengerjaan tapi harus tetap semangat agar tidak mengalami distress sehingga tidak melakukan prokrastinasi akademik yang dapat mengulur waktu untuk meraih gelar sarjana dan untuk peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian dengan memperluas kancah penelitian dengan karakteristik subjek yang berbeda dan atau dengan metode penelitian yang berbeda. Sehingga dapat mengungkap banyak wacana baru dengan gaya generalisasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) > Jurusan Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56058

Actions (login required)

View Item View Item