Perbedaan penerimaan terhadap kebohongan pada mahasiswa / Norika Ramadani Masuhara - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerimaan terhadap kebohongan pada mahasiswa / Norika Ramadani Masuhara

Masuhara, Norika Ramadani (2015) Perbedaan penerimaan terhadap kebohongan pada mahasiswa / Norika Ramadani Masuhara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masuhara N. R. 2015. Perbedaan Penerimaan terhadap Kebohongan pada Mahasiswa. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Ed. M.Si (II) Ike Dwiastuti S.Psi. M.Psi Kata Kunci penerimaan terhadap kebohongan mahasiswa Kebohongan adalah bentuk komunikasi yang sering terjadi yang merupakan bentuk tipu daya. Tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa berbohong juga dapat dilakukan oleh anak sedari usia 2 tahun dalam menjalin komunikasinya. Komunikasi yang tidak benar atau berbohong dapat memicu beragam permasalahan tergantung dari bagaimana individu menerima kebohongan orang lain. Selain itu tahap perkembangan diri dan lingkup sosial pun akan mempunyai peran dalam memberikan toleransi pada kebohongan. Penerimaan terhadap kebohongan dapat dikonseptualisasikan sebagai evaluasi umum individu terhadap berbohong atau tipu daya. Sebagai dimensi evaluatif individu mendefinisikannya sebagai baik-buruk positif-negatif diinginkan-tidak diinginkan atau dapat diterima-tidak dapat diterima dan sebagainya. Dimensi evaluatif berkaitan dengan definisi sikap dimana sikap merupakan evaluasi individu terhadap objek sikap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan komparatif dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan penerimaan terhadap kebohongan pada mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah remaja berada pada kategori tinggi penerimaan terhadap kebohongan yaitu 36% pada kategori rendah dan 64% pada kategori tinggi. Penerimaan terhadap kebohongan kategori dewasa awal adalah tinggi yaitu 36% pada kategori rendah 62% kategori tinggi dan 2% kategori sangat tinggi. Uji hipotesis menunjukkan tidak ada perbedaan penerimaan terhadap kebohongan pada remaja dan dewasa awal di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya yang dapat dilihat dari nilai signifikansi 0 672 ( p 0 05 ). Saran dari hasil penelitian ini individu dapat menelaah lebih jauh pengambilan keputusannya terhadap suatu hal dalam hal ini adalah penerimaan terhadap kebohongan orang lain. Bagi praktisi psikologi agar dapat menelaah lebih jauh kompleksitas didalam diri individu yang mempengaruhi individu dalam menyikapi kebohongan. Kemudian saran kepada peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian terpaut penerimaan terhadap kebohongan dengan variabel maupun sampel yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/56055

Actions (login required)

View Item View Item